Tips & Trik

Apa itu Kapal Supply? Ini Pengertian dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 08 Oktober 2021

38697268 S

Ada beberapa peralatan yang diperlukan yakni struktur anjungan atau platform sebagai tempat meletakkan peralatan pengeboran serta produksi. Saat ini sebagian besar anjungan dibuat permanen dengan kaki-kaki beton bertulang. 

Supaya pembangunan beton bertulang ini lancar, maka dibutuhkan supply vessel yang akan mengangkat semen, besi dan lain sebagainya. 

  • Mengangkut Peralatan Pengeboran

Kegiatan drilling adalah hal utama dalam kilang minyak dan melibatkan berbagai macam alat berat. Sistem peralatan ini akan diangkut oleh supply vessel sehingga proses pengeboran bisa berjalan dengan lancar. 

Contohnya saja mengangkut drilling string yang merupakan rangkaian peralatan untuk dirangkai di atas rig dan offshore platform. Perangkat berat drilling string seperti batang bor, drill collar, pipa kelly, rotary table dan lain sebagainya perlu pengangkutan. 

  • Mengangkut Peralatan dan Suku Cadang Mekanis

Ketika semua peralatan berat sudah diangkut dan dipasang, maka kegiatan lepas pantai tidak lepas dari peralatan dan suku cadang mekanis sehari-hari. Jumlah kebutuhannya pun bisa berbeda-beda tergantung dengan permintaan pihak rig and offshore platform. 

Suku cadang yang dimaksud bisa saja merupakan sparepart categories atau store categories. Peralatan ini penting sekali untuk diangkut tepat waktu supaya tidak terjadi masalah pada saat pengeboran, misalnya kebocoran akibat kerusakan suku cadang. 

  • Mengangkut Material Kegiatan Lepas Pantai

Baca Juga : Yuk Mengenal Fungsi dan Manfaat Kapal Tongkang Lebih Dekat

Selain peralatan dan suku cadang yang sehari-hari dibutuhkan, supply vessel juga akan mengangkut material pengeboran. Selama drilling ada beberapa material yang dibutuhkan agar kegiatan berjalan lancar. 

Material ini bisa berupa curah kering atau semen, bahan bakar rig, lumpur dan masih banyak lagi. Besarnya muatan material ini kembali lagi disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing rig dan offshore platform. 

  • Mengangkut Kebutuhan Crew

Bukan hanya peralatan yang akan diangkut oleh supply vessel tetapi juga semua kebutuhan crew yang ada di kilang minyak. Berbeda dengan kilang minyak di daratan di mana semua kebutuhan crew bisa didapatkan kapan saja dan di mana saja. 

Pengeboran di lepas pantai membutuhkan supply vessel untuk menyediakan semua kebutuhan crew. Beberapa kebutuhan yang sangat penting seperti air bersih dan juga makanan atau perbekalan. 

Jumlah yang dibutuhkan pun sangat tinggi sehingga bisa mencapai beban berapa ton sekali angkut. 

Pola dan Variasi Rute Kapal Supply

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya