Tips & Trik

Apa Itu Idle Dalam Dunia Otomotif?

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Eriga (1)

Komponen yang digunakan untuk memutar idle adalah ISC. Komponen ini digunakan pada kendaraan yang menggunakan sistem bahan bakar injeksi atau EFI. ISC merupakan kepanjangan dari Idle Speed Control dan komponen ini terpasang pada bagian throttle body.

Selain ISC, komponen pengatur idle pada teknologi kendaraan yang paling baru adalah ETCS. Dua komponen tersebut mempunyai fungsi dan cara kerja masing-masing.

Idle up pada mesin konvensional menggunakan ICS, akan tetapi pada mesin kendaraan yang lebih terbaru digunakan sistem ETCS-i. Sistem ini menggunakan komputer yang digunakan untuk melakukan control pada throttle valve agar bisa membuka secara elektronik.

Bukaan pada throttle valve konvensional masih menggunakan kabel dari pedal gas ke throttle valve supaya bisa membuka atau menutup. Akan tetapi pada sistem ETCS-I ini, fungsi kabel dihilangkan sehingga ECU mesin mempergunakan motor control throttle.

Motor control throttle ini digunakan dengan tujuan melakukan pengaturan terhadap sudut bukaan pada jumlah optimal. Hal ini sebagai bentuk respon pada tingkat diangkatnya pedal gas.

Pendeteksi bukaan pada pedal gas adalah accelerator pedal position sensor. Kemudian, throttle position sensor digunakan untuk mendeteksi bukaan pada throttle valve.

Mengenal Fungsi ISC

Baca Juga : Tetap Tenang, Ini Cara Mengatasi Mobil Terendam Banjir

Fungsi dari komponen ini adalah untuk melakukan pengaturan agar putaran pada sistem idle sesuai dengan perintah ECU.

ISC ini juga merupakan komponen yang penting dalam sistem bahan bakar EFI, karena tugasnya yang berkaitan untuk melakukan pengaturan volume udara yang masuk. Fungsi ISC secara lebih lengkap bisa dilihat pada daftar berikut.

  • Membuat putaran mesin menjadi naik, ketika mesin dalam kondisi dingin atau pertama kali dihidupkan. ISC biasanya akan membuat RPM mesin naik menjadi 2000, kemudian juga akan membuat katup ISC terbuka lebih besar, menyesuaikan perintah ECU.
  • Melakukan pengaturan jumlah atau volume udara yang masuk pada intake manifold ketika pedal gas tidak ditekan atau yang biasa disebut dengan throttle valve tertutup.
  • Melakukan penyesuaian putaran pada sistem idle mesin secara otomatis dalam segala situasi dan kondisi.
  • Membuat putaran mesin menjadi naik ketika mesin mendapatkan beban tambahan.
  • Membuat putaran mesin tetap terjaga kestabilannya ketika AC mobil mulai dinyalakan, dan jika fungsi idle up ini tidak bekerja, mesin menjadi bergetar karena pertambahan beban pada mesin supaya bisa memutar kompresor AC.

Hal-hal yang Mempengaruhi Kinerja ISC

  • Sensor MAF (Mass Air Flow)

Sensor ini berfungsi untuk memberikan kiriman mengenai data massa atau volume udara menurut alirannya.

  • Sensor CKP

CKP memiliki kepanjangan. Crankshaft Position Sensor yang fungsinya adalah melakukan pengukuran terhadap RPM mesin atas imbal balik kinerja dari ISC sistem.

  • Sensor TPS (Throttle Position Sensor)

Sensor yang satu ini berguna untuk menentukan sudut pembukaan katup gas menurut posisi katupnya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya