Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Arti Lampu Indikator Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 15 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/129919354_s.jpg

Arti lampu indikator pada mobil harus dipahami oleh pengemudi maupun penumpang agar tidak salah dalam mengartikannya. Mobil memiliki banyak sekali lampu indikator yang artinya berbeda-beda.

Mengenal Arti Indikator Pada Mobil

Berikut dibawah ini adalah beberapa arti indikator pada mobil antara lain sebagai berikut.

Baca Juga : Penting, Kenali Proses Balancing Ban Motor dan Caranya

Check Engine

Check engine merupakan indikator yang lambangnya mirip dengan bentuk mesin. Fungsi dari lampu indikator ini adalah untuk mengetahui apa saja penyebab permasalahan yang terjadi pada mobil.

Apabila indikator check engine menyala, maka dipastikan sedang terjadi masalah di mesin mobil.

Baca Juga : Kaki Kaki Mobil: Komponen dan Cara Mendeteksi Kerusakannya

Masalah ini bisa terjadi karena ada komponen mesin yang harus diganti atau kap penutup bahan bakar tidak erat. Adanya komponen lain yang kendur juga akan membuat check engine menyala karena sensor ini cukup sensitif terhadap kinerja mesin.

Pengemudi tidak perlu khawatir jika check engine ini menyala, melainkan disarankan untuk langsung membawanya ke bengkel terdekat.

Segera periksakan penyebab kerusakan pada mobil agar permasalahan tersebut bisa segera diselesaikan.

Baca Juga : Ini Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah & Cara Mengatasinya

Pengisian Aki

Lampu indikator selanjutnya, yaitu pengisian aki yang berbentuk baterai dengan kutub negatif dan positif. Indikator ini akan menyala jika terjadi masalah pada sistem pengisian arus listrik pada aki mobil Anda. 

Salah satu permasalahan yang terjadi jika indikator ini menyala, yaitu alternator tidak mengisi. 

Apabila alternator dibiarkan tidak mengisi, maka bisa membuat kondisi aki menjadi kosong dan akan mudah cepat rusak. Selain itu, indikator ini juga bisa menyala karena pemasangan kabel yang kurang tepat. 

Dampak jika aki mobil kosong adalah semua sistem kelistrikan tidak bisa dioperasikan, seperti lampu dan starter misalnya. Solusi atas permasalahan ini, yaitu mengganti komponen alternator yang sudah rusak.

Minyak Rem

Arti lampu indikator pada mobil yang satu ini menunjukkan bahwa volume minyak rem berkurang.

Lampu indikator ini akan menyala guna menunjukkan adanya masalah pada volume minyak rem. Salah satu penyebab berkurangnya volume minyak rem adalah karena adanya kebocoran.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya