Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Arti Lampu Indikator Pada Mobil

PUBLISHED DATE : 15 Februari 2022

129919354 S

Immobilizer

Arti indikator mobil immobilizer ini adalah kunci pada kendaraan tersebut dilepas. Jika lampu ini menyala, maka sedang terjadi kesalahan pada sistem immobilizer.

Akibatnya adalah, Anda harus melakukan pemeriksaan di bengkel apabila ingin fitur ini berfungsi dengan normal kembali.

84159331_s

Seat Belt

Seat belt merupakan fitur keamanan yang wajib digunakan oleh pengendara maupun pengemudi mobil. Apabila sabuk pengaman ini tidak digunakan oleh pengemudi mobil, maka lampu indikatornya secara otomatis akan menyala.

Selain itu, pengemudi juga akan mendapatkan peringatan berupa bunyi dari buzzer jika tidak mengenakan seat belt dan menyetir dengan kecepatan di atas 20 km/jam.

Lalu, lampu indikator dan buzzer tersebut akan mati jika pengemudi telah mengenakan seat belt dengan benar.

Temperatur Mesin

Sesuai dengan namanya, lampu indikator temperatur mesin ini digunakan untuk memberikan peringatan suhu. Lampu indikator ini akan menyala ketika suhu mesin sudah terlalu panas dan kendaraan mengalami kondisi overheat.

Baca Juga : Tips Membersihkan Mika Lampu Mobil dengan Mudah

Apabila Anda menemukan lampu temperatur mesin ini menyala, maka segera matikan komponen elektronik di dalam mobil. Sebab, komponen elektronik tersebut bisa menambah bebas mesin dimana kinerja harus semakin memaksa.

Lalu, usahakan untuk menepikan kendaraan terlebih dahulu dan mematikan mesinnya selama beberapa saat.

Tujuannya adalah untuk membuat kendaraan tersebut beristirahat, sehingga suhunya bisa normal kembali dan tidak berbahaya ketika digunakan.

Tekanan Oli Mesin

Berikutnya adalah, indikator berbentuk fluida menetes yang menunjukkan bahwa mesin mobil tengah kekurangan oli. Lampu indikator ini menyala sebagai peringatan bahwa Anda harus mengisi kembali oli mobil.

Hal ini karena mesin mobil akan lebih cepat mengalami kerusakan jika jumlah oli di dalamnya berkurang. Apabila permasalahan ini terus dibiarkan, maka akan berpengaruh pada kinerja mobil yang tidak bisa optimal.

Akibat dari penurunan volume oli ini adalah terjadinya permasalahan pada sistem pelumasan kendaraan.

Oleh sebab itu, Anda harus melakukan penggantian atau penambahan volume oli secara rutin. Selain itu, cek juga apakah terjadi kebocoran yang menyebabkan penurunan volume oli.

Indikator Rem Parkir

Pengertian lampu indikator panel rem parkir untuk menunjukkan bahwa komponen ini sedang dalam kondisi aktif.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya