Tips & Trik

Apa Itu Hidrometer? Ketahui Ini Fungsi & Cara Menggunakannya

PUBLISHED DATE : 25 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/158609039_s.jpg

______________________________________________________________________________________________

  • Pemasok Alat

Bagian terakhir pada alat ini adalah pemasok yang berguna untuk menampung cairan elektrolit setelah masuk ke dalam hidrometer. Cairan yang masuk ke pickup tube nantinya akan langsung menuju ke bagian pemasok alat.

Cara Menggunakan Hidrometer

158667642_s

Setelah mengetahui apa itu hidrometer, maka kini saatnya untuk memahami bagaimana cara menggunakannya.

Ikuti setiap tahap penggunaan alat ini dengan benar agar hasil pengukurannya akurat. Simak ulasan berikut ini mengenai bagaimana cara untuk menggunakan hidrometer.

  • Memastikan Alat Ukur dalam Kondisi Bersih

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan hidrometer sebagai alat pengukuran terlebih dahulu. Lalu, pastikan bahwa alat tersebut dalam kondisi bersih dan tidak berdebu terutama di bagian dalamnya.

Selain itu, pastikan juga bahwa skala pengukuran yang biasanya tertera masih bisa dilihat dengan jelas. Selanjutnya, siapkan aki basah yang berat jenisnya akan diukur menggunakan alat tersebut agar lebih efisien.

  • Mengkalibrasi Hidrometer

Cara menggunakan hidrometer selanjutnya adalah melakukan kalibrasi pada alat tersebut dengan mencobanya menggunakan cairan lain. Anda bisa mencoba menggunakan hidrometer untuk mengukur berat jenis air terlebih dahulu.

Sejauh mana hasil kalibrasi harus diperhatikan, kenali di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Saat melakukan pengukuran ini pastikan hasilnya menunjukkan warna bening yang berarti air memiliki berat jenis sebanyak 1 kg/cm3.

Tujuan dari kalibrasi ini adalah untuk memastikan bahwa alat fungsi hidrometer tersebut masih bisa berjalan dengan baik.

  • Memulai Pengukuran

Berikutnya, Anda harus membuka seluruh tutup yang ada di baterai aki untuk mulai melakukan pengukuran. Pertama, tekan pipet terlebih dahulu, lalu lepaskan bagian dari hidrometer ini secara perlahan.

Langkah tersebut dilakukan untuk menghisap cairan elektrolit baterai pada aki agar bisa masuk ke hidrometer. Cairan yang terangkat tersebut kemudian akan langsung mengisi area tabung kaca dan pelampung.

  • Membaca Hasil Pengukuran

Setelah ada cairan yang masuk ke tabung hidrometer, maka alat ini akan langsung memulai pengukuran.

Saat hal itu terjadi, Anda bisa langsung untuk melihat dan mulai membaca hasil pengukuran menggunakan hidrometer tersebut.

Cara membaca hasil pengukuran ini cukup mudah mengingat adanya indikator yang sudah tercantum di bagian pelampung. Jangan lupa untuk mencatat hasil pengukuran ini agar Anda bisa melihatnya lagi ketika lupa.

______________________________________________________________________________________________

  • Mengulang Pengukuran

Lalu, ulangi lagi langkah untuk melakukan pengukuran tersebut dari awal guna mengetahui berat jenis dari tiap sel baterai. Pengukuran ulang ini bertujuan untuk mendapatkan hasil akurat sesuai dengan kondisi cairan elektrolit saat itu.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya