Tips & Trik

Apa Itu Gearbox Kapal? Ini Fungsi Dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 29 Juli 2021

Kapal Pesiar

Gearbox adalah sebuah komponen yang berperan penting untuk sistem transmisi. Pada kapal, fungsi gearbox ini adalah untuk memindahkan atau mengubah tenaga motor yang berputar menjadi gerakan feeding oleh pemutar spindel mesin. 

Tidak hanya itu, gearbox pada kapal ini mampu mengatur kecepatan gerak dan torsi, serta mengatur proses perputaran balik kapal. Dengan kata lain fungsi utama gearbox pada kapal adalah untuk memajukan dan memundurkan kapal saat berlayar. 

Fungsi lainnya adalah untuk mengubah momen atau gaya puntir yang akan diteruskan ke bagian spindel mesin. Kemudian komponen tersebut akan menyediakan rasio gigi yang pas dengan beban dan mesin kapal, sehingga bisa menghasilkan perputaran mesin dengan baik.

gearbox_kapal

Komponen Gearbox Kapal dan Fungsinya

Dalam melakukan fungsinya, gearbox tersebut dibantu oleh banyak komponen dengan peran yang berbeda-beda. Setiap komponen tersebut saling melengkapi dan berpengaruh terhadap kinerja mesin kapal. Apa saja komponen-komponen dari gearbox tersebut? Berikut ulasannya.

  • Frame Gearbox

Baca Juga : 10 Nama Pelabuhan di Indonesia yang Ramai

Bagian utama ini berfungsi sebagai rumah dari gearbox. Bagian ini berbentuk seperti kotak penutup yang mengelilingi gearbox untuk melindungi komponen-komponen lain di dalamnya. Materialnya terbuat dari bahan yang aman dan kuat serta tidak mudah terbakar. 

  • Paking Gearbox

Komponen ini juga berfungsi sebagai pelindung, tepatnya adalah menahan oli di dalam gearbox agar tidak mengalami kebocoran. 

  • Input Shaft Cover (Poros Input)

Komponen ini berfungsi sebagai penerus putaran yang berasal dari motor penggerak mesin. Input Shaft akan menerima momen output dari unit kopling. Gaya yang diteruskan dari clutch kopling akan ditujukan ke Main Shaft (poros utama) sehingga putaran bisa langsung diteruskan ke gear.

Selain itu, Input Shaft juga berperan sebagai poros dudukan ring piston dan bearing. Komponen ini juga bisa bermanfaat untuk saluran oli yang melumasi bagian-bagian mesin di dalamnya. 

  • Main Shaft (Poros Utama)

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya