Tips & Trik

Apa Itu Gearbox Kapal? Ini Fungsi Dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 29 Juli 2021

Kapal Pesiar

Dalam mesin kendaraan, terdapat sebuah gearbox yang menjadi sistem transmisi mesin. Sistem transmisi ini terdapat pada kendaraan, termasuk kapal. Gearbox kapal memiliki peran penting sebagai pengatur kecepatan gerak dan torsi pada perputaran mesin kapal. 

Fungsi utama gearbox yaitu untuk menyalurkan momen atau daya mesin ke bagian-bagian mesin lainnya. Dalam bekerja, alat ini dibantu oleh beberapa komponen yang memiliki fungsi masing-masing. Kira-kira apa saja komponen dalam gearbox ini? Berikut penjelasannya untuk Anda. 

Gearbox Pada Kapal

Gearbox adalah kotak yang berisi sistem pemindah tenaga atau transmisi gear. Fungsinya yaitu untuk memindahkan daya atau tenaga mesin ke bagian mesin lainnya, sehingga unit tersebut bisa menggerakkan kendaraan baik berputar atau bergeser dengan baik.

Gearbox adalah sebuah komponen yang berperan penting untuk sistem transmisi. Pada kapal, fungsi gearbox ini adalah untuk memindahkan atau mengubah tenaga motor yang berputar menjadi gerakan feeding oleh pemutar spindel mesin. 

Tidak hanya itu, gearbox pada kapal ini mampu mengatur kecepatan gerak dan torsi, serta mengatur proses perputaran balik kapal. Dengan kata lain fungsi utama gearbox pada kapal adalah untuk memajukan dan memundurkan kapal saat berlayar. 

Fungsi lainnya adalah untuk mengubah momen atau gaya puntir yang akan diteruskan ke bagian spindel mesin. Kemudian komponen tersebut akan menyediakan rasio gigi yang pas dengan beban dan mesin kapal, sehingga bisa menghasilkan perputaran mesin dengan baik.

gearbox_kapal

Komponen Gearbox Kapal dan Fungsinya

Baca Juga : Ketahui Fungsi & Cara Kerja Fuel Filter pada Mesin Kapal

Dalam melakukan fungsinya, gearbox tersebut dibantu oleh banyak komponen dengan peran yang berbeda-beda. Setiap komponen tersebut saling melengkapi dan berpengaruh terhadap kinerja mesin kapal. Apa saja komponen-komponen dari gearbox tersebut? Berikut ulasannya.

  • Frame Gearbox

Bagian utama ini berfungsi sebagai rumah dari gearbox. Bagian ini berbentuk seperti kotak penutup yang mengelilingi gearbox untuk melindungi komponen-komponen lain di dalamnya. Materialnya terbuat dari bahan yang aman dan kuat serta tidak mudah terbakar. 

  • Paking Gearbox

Komponen ini juga berfungsi sebagai pelindung, tepatnya adalah menahan oli di dalam gearbox agar tidak mengalami kebocoran. 

  • Input Shaft Cover (Poros Input)

Komponen ini berfungsi sebagai penerus putaran yang berasal dari motor penggerak mesin. Input Shaft akan menerima momen output dari unit kopling. Gaya yang diteruskan dari clutch kopling akan ditujukan ke Main Shaft (poros utama) sehingga putaran bisa langsung diteruskan ke gear.

Selain itu, Input Shaft juga berperan sebagai poros dudukan ring piston dan bearing. Komponen ini juga bisa bermanfaat untuk saluran oli yang melumasi bagian-bagian mesin di dalamnya. 

  • Main Shaft (Poros Utama)

Main Shaft Gearbox atau disebut dengan poros utama ini berperan sebagai tempat dudukan bearing, gear sincromesh, dan komponen lainnya. Poros utama ini akan meneruskan putaran mesin dari Input Shaft ke spindel mesin. Main Shaft ini juga bermanfaat untuk saluran oli. 

  • Gear Shaft Housing

Bagian ini berfungsi untuk mengatur ketepatan pemindahan gigi. Jika gigi pada lever pemindah gigi yang dipindahkan terkunci, maka lever tidak bisa berpindah sendiri. Oleh karena itu, Gear Shaft Housing akan melakukannya saat spindel mesin sedang berputar. 

  • Clutch Housing

Clutch Housing merupakan rumah dari bagian kopling yang berperan sebagai pelindung clutch kopling. Komponen ini juga merupakan tempat dudukan dari input Shaft dan Oil Pump.

  • Unit Gigi Planetary

Planetary ini adalah bagian pengubah rpm pada kendaraan. Rpm tersebut akan diubah menjadi putaran rendah, medium, atau tinggi sesuai dengan kebutuhan. Arah putaran propeller yang diubah tersebut searah dengan jarum jam ke arah yang berlawanan. 

  • Sun Gear

Sun Gear berfungsi untuk meneruskan putaran mesin ke bagian Planetary Gear Section. Gigi matahari ini berhubungan langsung dengan gear pada unit gigi planetary yang akan meneruskan putaran, momen, dan transmisi. 

  • Transmission Gear

Bagian ini disebut juga roda gigi transmisi. Fungsinya yaitu mengubah input dari motor penggerak menjadi output berupa gaya torsi yang meninggalkan transmisi sesuai kebutuhan mesin. 

  • Bearing

Bearing memiliki peran dalam menjaga kerenggangan pada Shaft (poros). Hal ini agar saat unit mesin mulai bekerja, semua komponen yang ada dalam transmisi tidak kaget, sehingga tenaga yang dikeluarkan bisa lebih halus. 

  • Worm Shaft

Bagian ini berfungsi untuk meneruskan putaran mesin dari worm wheel ke Output Shaft. 

  • Worm Wheel

Sedangkan bagian ini berfungsi untuk meneruskan putaran mesin dari Input Shaft ke Output Shaft. 

  • Oil Seal 

Komponen ini berperan sebagai pelindung gas dan fluida yang ada di dalam mesin. Lebih tepatnya menjadi penahan oli agar tidak bocor dari poros. Oil Seal ini dikenal juga dengan nama O-Ring, yaitu penyekat dan pengencang Input Shaft agar tidak renggang dan bocor. 

  • Oil Pump

Oil pump ini berfungsi sebagai pompa oli atau memindahkan oli dari transmission case ke sistem transmisi. Pemindahan oli ini berguna untuk melumasi semua komponen yang ada di dalam sistem transmisi secara menyeluruh.

  • Oil Hole Cover

Baca Juga : Apa itu Pelaut dan Apa Bedanya dengan Marinir

Sedangkan bagian ini berperan sebagai saluran masuknya oli. Umumnya saluran ini bertipe batang (oil pipe) untuk menyalurkan oli dari transmission case ke bagian planetary gear section untuk melumasi unit gigi planetary. 

  • Oil Filter

Bagian ini berfungsi untuk menyaring oli dari kotoran yang ikut terbawa aliran oli. Oli yang masuk ke dalam sistem transmisi harus disaring oleh komponen ini agar tidak cepat aus sehingga bisa bekerja dengan baik.

  • Out Cover

Bagian yang terakhir ada Out Cover atau penutup gearbox. Fungsi utama komponen ini adalah sebagai penutup lubang Output Shaft agar bisa melindungi bagian-bagian lain di dalam perangkat gearbox.

Prinsip Kerja Gearbox Pada Kapal

Gearbox kapal bekerja dengan alur tertentu yang perlu Anda pahami. Sistem penggerak kapal berupa propeller. Arah perputaran propeller tersebut berkaitan dengan perputaran poros yang dihasilkan pada main engine yang hanya berputar dalam satu arah saja (searah jarum jam) atau berlawanan.

Arah perputaran main engine kapal yang hanya satu arah tersebut bukan berarti tidak bisa dirubah. Nah untuk dapat mengubahnya, maka perlu perangkat atau alat yang bisa mentransmisi arah perputaran tersebut, di mana perangkat tersebut adalah gearbox kapal. 

Selain dapat merubah arah perputaran pada sistem penggerak kapal, gearbox juga bisa digunakan untuk merubah kecepatan. Perangkat ini dipasang sebagai penghubung antara poros engkol main engine dengan poros propeller.

Pada kapal, sistem transmisinya mengeluarkan daya dari mesin utama untuk menggerakkan kapal sesuai kebutuhan. Untuk memindahkan daya dari mesin utama tersebut, maka sistem transmisi kapal berupa gearbox dengan semua komponen yang sudah disebutkan sebelumnya akan berfungsi.

Setelah membaca ulasan di atas, kini Anda tentu sudah memahami dengan baik apa itu gearbox kapal. Dengan adanya gearbox pada mesin yang berfungsi dengan baik, maka perputaran tenaga yang dihasilkan pada kapal bisa menjadi lebih besar tanpa adanya selip sedikitpun. 

Berita Lainnya

54638764 S

Mengenal Apa itu Kapal Destroyer

Berdiri sebagai negara kepulauan, sudah seharusnya Indonesia memiliki pertahanan maritim yang bagus. Menggunakan alat utama sistem senjata seperti kapal destroyer menjadi sebuah ke...

selengkapnya