Tips & Trik

Apa Itu Gasket? Ketahui Fungsi dan Manfaatnya Disini

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

Gasket

Kebocoran ini tentu saja berbahaya, sehingga komponen ini harus tahan panas serta tekanan saat mesin digunakan.

Pada prakteknya, komponen ini harus mampu bekerja sama dengan sambungannya, sehingga harus dikaji kemampuan sealingnya dengan baik.

Komponen ini dalam penggunaanya digunakan pada flange untuk menyambung pipa-pipa atau sambungan lainnya, seperti pada motor.

Bentuknya sendiri biasanya berupa kertas yang digunakan untuk merekatkan antara celah besi, yang berfungsi untuk mencegah rembes oli pada bagian vital mesin.

Fungsi Gasket

  1. Mencegah Kebocoran dan Mempertahankan Kerapatan

Komponen ini berfungsi menjadi penyekat diantara cylinder block dan head cylinder, dengan tujuan agar tidak terjadi kebocoran oli. Dengan demikian, oli tidak akan masuk ke saluran radiator atau sebaliknya dan supaya tidak merembes ke ruang bakar.

Selain itu, komponen tersebut juga berfungsi untuk mempertahankan kebutuhan kerapatan serta mencegah kebocoran ketika terjadi proses kompresi. Tujuannya adalah, agar ruang bakar bisa tertutup dengan sempurna supaya kompresi maksimum bisa terjadi diruang bakar.

  1. Menahan Tekanan

Baca Juga : Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Waktunya untuk Diganti

Fungsi selanjutnya adalah menahan tekanan supaya tidak menyebar dari siliderhead ke celah blok. Motor sendiri biasanya memang mempunyai blok mesin serta silinder head yang dibaut pada bagian atasnya.

  1. Menyalurkan Panas

Komponen ini juga berfungsi sebagai penyalur panas dari blok silinder ke blok silinder head. Dalam hal ini, gasket paking yang digunakan biasanya adalah paking logam. Fungsi ini juga berkaitan dengan fungsi pertama, yakni mencegah kebocoran.

Manfaat Gasket

pengertian_gasket

Paking gasket adalah komponen yang memiliki banyak manfaat pada mesin. Manfaat yang pertamanya sendiri adalah mampu mencegah kebocoran kompresi dan gas, sehingga tenaga maksimal pembakaran akan tercapai.

Manfaat yang kedua adalah bisa mencegah kebocoran oli. Jika terjadi kebocoran pada oli, maka oli pelumas lama-kelamaan akan habis, dan menyebabkan fungsi sistem pelumasan terkendala dan tidak akan tercapai.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya