Tips & Trik

Apa Itu Gasket? Ketahui Fungsi dan Manfaatnya Disini

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/gasket.jpg

Mengingat manfaatnya yang cukup penting untuk mesin, ada baiknya Anda segera menggantinya ketika terjadi turun mesin, atau dalam jangka waktu penggunaan tertentu. Sebab, ketika dibongkar, lem gasket biasanya sudah tidak lagi menempel sempurna, seperti semula.

Selain itu, gasket berbahan kertas biasanya akan robek, berbeda tentunya dengan yang dari logam yang justru menjadi pipih.

Jika gasket menjadi pipih atau gepeng, artinya struktur berubah menjadi padat. Jika struktur sudah padat, maka fungsi dari packing atau gasket ini tentu saja akan berkurang.

Jenis-Jenis Gasket pada Kendaraan Bermotor

  1. Gasket Berbahan Kertas

Paking jenis ini adalah jenis dengan bahan paling murah, yang sifatnya bisa ditingkatkan apabila diisi dengan bahan seperti lilin.

Untuk jenis ini biasanya digunakan di otomotif untuk menyegel oli, air, dan minyak. Ini bisa digunakan pada permukaan yang halus dan rata, serta tahan sampai 1200C dan 120 PSI.

  1. Gasket Berbahan Kertas Dipernis

Gasket adalah sekat yang terbuat dari bahan kertas, dan ternyata komponen ini juga ada yang dibuat dari kertas yang dipernis. Bahan ini cukup baik jika dibandingkan kertas biasa. Permukaan kertas pernis tidak boleh retak maupun rusak, supaya dapat berfungsi dengan baik.

  1. Gasket Berbahan Gabus

Bahan ini berguna jika digunakan pada beban yang rendah dan permukaan benda yang tidak rata. Kelebihannya, bahan ini tahan terhadap cairan pelarut dan minyak, namun sayangnya tidak tahan terhadap air.

Jenis yang berbahan gabus ini memiliki berbagai macam ketebalan.

Sebelum memasang, ada baiknya diperiksa terlebih dahulu berapa ketebalan yang dibutuhkan oleh mesin. Bahan ini sangat mudah sobek, serta dapat digunakan hingga suhu 50oC serta tekanan sampai 50 psi.

  1. Gasket Berbahan Gabus Campur Karet

Bahan dari gabus apabila dicampurkan dengan bahan elasti nitrile ata neoprene, dapat meningkatkan kualitas, sehingga bahan yang dihasilkan jauh lebih fleksibel dengan kekuatan yang jauh lebih tinggi. Jenis ini dapat digunakan untuk beban yang rendah hingga beban yang lebih tinggi.

Namun, bahan ini memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa digunakan pada kondisi keasaman yang tinggi dan bersamaan dengan alkali.

Bahan gabus yang dicampurkan dengan karet ini bisa digunakan pada suhu mulai dari  minus 30oC hingga suhu 150oC, sedangkan tekanannya mencapai 50 psi.

  1. Gasket Berbahan Karet

Bahan ini merupakan bahan yang sangat serbaguna. Bahan ini bisa digunakan sebagai sambungan untuk mengalirkan air yang dingin, dan disisi lain juga tahan panas. Tentu saja, kecocokan karet sangat berpengaruh pada jenis ini.

Gasket karet ini sangat cocok untuk dipasang diantara dua mesin. Sebab, posisi karet akan menjadi tertekan di antara dua benda, yang kemudian bisa mengisi celah yang sangat kecil, dan kemudian akan membentuk seal.

  1. Gasket berbahan PTFE/Telfon

PTFE atau Polytetrafluoroethylene, merupakan jenis yang multifungsi. Gasket jenis ini berbahan kimia padat, dan bisa digunakan pada suhu yang rendah. Selain itu, daya tahan gasket PTFE terhadap zat kimia juga baik, seperti hidrogen peroksida.

Bentuknya dibuat seperti tali yang lunak, supaya dapat digunakan menjadi seal datar maupun melingkar. Bahan ini tahan mulai dari suhu minus 190oC hingga 250oC.

  1. Gasket Bahan Grafit Lapis Kain

Graphite gasket adalah jenis yang fleksibel dan tahan terhadap panas, sehingga bisa digunakan untuk sambungan yang berfungsi mengalirkan air panas serta uap. Selain itu, bahan gasket satu ini juga tahan terhadap kondisi asam dan basa.

  1. Gasket Bahan Logam

Gasket jenis ini dibuat ketika gasket dari bahan non logam tidak bisa mendukung kerja mesin untuk mencegah kebocoran, sehingga dibuatlah gasket dari bahan semi logam atau bahan logam murni. Bahan logam yang digunakan untuk membuat gasket ini beragam.

Mulai dari bahan seperti timah, tembaga, aluminium, monel, kuningan, nikel, hingga baja pun dipadukan.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi tekanan dan temperatur yang menjadi cukup besar. Bentuknya pun dibuat sedemikian rupa, dan ia memiliki pegas yang juga berfungsi sebagai perapat.

  1. Gasket Bahan Asbes Lapis Tembaga
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/shutterstock_306192254.jpg

Aturan Mengencangkan Rantai Motor

Rantai sepeda motor yang terlalu kendur memang bisa menyebabkan suara berisik dan tenaga mesin menjadi terasa berkurang. Karena itulah, banyak pengendara motor yang memutuskan untu...

selengkapnya