Tips & Trik

Apa Itu Gasket? Ketahui Fungsi dan Manfaatnya Disini

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

Gasket

Bahan dari gabus apabila dicampurkan dengan bahan elasti nitrile ata neoprene, dapat meningkatkan kualitas, sehingga bahan yang dihasilkan jauh lebih fleksibel dengan kekuatan yang jauh lebih tinggi. Jenis ini dapat digunakan untuk beban yang rendah hingga beban yang lebih tinggi.

Namun, bahan ini memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa digunakan pada kondisi keasaman yang tinggi dan bersamaan dengan alkali.

Bahan gabus yang dicampurkan dengan karet ini bisa digunakan pada suhu mulai dari  minus 30oC hingga suhu 150oC, sedangkan tekanannya mencapai 50 psi.

  1. Gasket Berbahan Karet

Bahan ini merupakan bahan yang sangat serbaguna. Bahan ini bisa digunakan sebagai sambungan untuk mengalirkan air yang dingin, dan disisi lain juga tahan panas. Tentu saja, kecocokan karet sangat berpengaruh pada jenis ini.

Gasket karet ini sangat cocok untuk dipasang diantara dua mesin. Sebab, posisi karet akan menjadi tertekan di antara dua benda, yang kemudian bisa mengisi celah yang sangat kecil, dan kemudian akan membentuk seal.

  1. Gasket berbahan PTFE/Telfon

PTFE atau Polytetrafluoroethylene, merupakan jenis yang multifungsi. Gasket jenis ini berbahan kimia padat, dan bisa digunakan pada suhu yang rendah. Selain itu, daya tahan gasket PTFE terhadap zat kimia juga baik, seperti hidrogen peroksida.

Bentuknya dibuat seperti tali yang lunak, supaya dapat digunakan menjadi seal datar maupun melingkar. Bahan ini tahan mulai dari suhu minus 190oC hingga 250oC.

  1. Gasket Bahan Grafit Lapis Kain

Baca Juga : Gaya Berkendara Pengaruhi Umur Busi, Benarkah?

Graphite gasket adalah jenis yang fleksibel dan tahan terhadap panas, sehingga bisa digunakan untuk sambungan yang berfungsi mengalirkan air panas serta uap. Selain itu, bahan gasket satu ini juga tahan terhadap kondisi asam dan basa.

  1. Gasket Bahan Logam

Gasket jenis ini dibuat ketika gasket dari bahan non logam tidak bisa mendukung kerja mesin untuk mencegah kebocoran, sehingga dibuatlah gasket dari bahan semi logam atau bahan logam murni. Bahan logam yang digunakan untuk membuat gasket ini beragam.

Mulai dari bahan seperti timah, tembaga, aluminium, monel, kuningan, nikel, hingga baja pun dipadukan.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi tekanan dan temperatur yang menjadi cukup besar. Bentuknya pun dibuat sedemikian rupa, dan ia memiliki pegas yang juga berfungsi sebagai perapat.

  1. Gasket Bahan Asbes Lapis Tembaga

Paking ini mempunyai lapisan asbes diantara dua lembar tipis baja dan tembaga. Bahan ini sangat baik digunakan pada suhu yang sangat tinggi.

Hal ini disebabkan asbes tahan terhadap tekanan dan tahan terhadap panas. Sedangkan logam juga sama, karena memiliki daya tahan yang baik terhadap panas dan tekanan.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya