Tips & Trik

Apa Itu Clutch Cover, Apa Saja Fungsi dan Komponennya?

PUBLISHED DATE : 22 Maret 2021

Clutch Clover

Impeller pump atau pompa impeller merupakan salah satu komponen dari tutup kopling yang berbentuk seperti kipas angin. Sirip kipas angin atau blade pada komponen ini sangat banyak, melebihi jumlah blade kipas angin pada umumnya.

Pompa impeller dapat ditemukan di belakang unit torque, tepatnya menempel pada cover torque converter. Pompa yang berfungsi sebagai kipas angin pertama ini bertugas membangkitkan aliran dan tekanan fluida pada sistem torque converter.

  1. Torque Converter Cover

Komponen ini merupakan rangka yang berfungsi sebagai tempat aliran fluida yang telah diberi tekanan beroperasi. Selain itu, torque converter cover juga bertugas mencegah kebocoran fluida saat terjadi sirkulasi.

Komponen ini terhubung dengan pompa impeller yang juga berhubungan dengan flywheel mesin. Hal ini mengakibatkan torque converter cover ikut berputar ketika mesin dihidupkan dan flywheel berputar.

  1. Turbin

Turbin merupakan suatu komponen yang berbentuk menyerupai pompa impeller, namun terletak pada tempat yang berbeda.

Baca Juga : Idle Speed Control: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Komponen ini berada di bagian dalam torque converter cover secara mengambang. Pada bagian tengah komponen ini terhubung dengan poros input transmisi.

Turbin bertugas layaknya kipas kedua. Komponen ini menerima energi tekan dari aliran fluida yang dibangkitkan oleh pompa impeller.

Kecepatan putaran turbin sangat dipengaruhi oleh energi tersebut, semakin tinggi energi tekan maka semakin cepat komponen ini berputar.

  1. Stator

Stator merupakan komponen yang memiliki sirip atau blade dengan poros terhubung pada impeller.

Meski demikian komponen ini dapat bergerak bebas, dan dengan bantuan komponen one way clutch putaran stator menjadi lebih terarah yaitu tidak melawan putaran impeller.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya