Tips & Trik

Apa Itu Clutch Cover, Apa Saja Fungsi dan Komponennya?

PUBLISHED DATE : 22 Maret 2021

Clutch Clover

Jika salah satu kipas angin dihidupkan, maka kipas angin yang berada di hadapannya juga akan ikut berputar. Kecepatan kipas berputar juga akan saling mempengaruhi. Apabila kipas dihidupkan dengan tenaga rendah, secara otomatis perputarannya pun tidak terlalu cepat.

Lambatnya putaran kipas berpengaruh pada putaran kipas kedua yang cukup lambat bahkan bisa jadi belum berputar. Sebaliknya, ketika salah satu kipas dihidupkan dengan daya tinggi, perputarannya cepat sehingga kipas angin kedua akan berputar dengan cepat.

Energi putar pada kipas angin yang dinyalakan berubah menjadi aliran udara bertekanan. Aliran udara yang mengarah pada kipas kedua, menyentuh sirip-sirip kipas sehingga kipas angin kedua berputar seperti kincir angin.

Prinsip ini menjadi dasar prinsip kerja tutup kopling, yaitu mengubah energi. Akan tetapi media penekan yang digunakan pada komponen ini bukanlah media gas, melainkan fluida cair.

Fungsi Clutch cover

Baca Juga : Mengenal Fungsi Defogger pada Mobil

Tutup kopling atau clutch cover yang dipasang dengan cara dibautkan dengan fly wheel atau roda penerus memiliki pengaruh pada putaran mesin. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan maupun memutus putaran mesin.

Fungsi clutch cover tersebut terjadi karena komponen ini akan menjepit kampas kopling, serta menjepit atau membebaskan flywheel sesuai tekanan yang terjadi pada pedal kopling. Hal ini berpengaruh pada putus sambungnya daya putar dari mesin.

Apabila pedal kopling diberi tekanan, maka plat penekan pada tutup kopling akan melepas jepitannya dari clutch disk. Hal ini mengakibatkan putusnya hubungan antara kopling dan input transmisi dengan putaran mesin.

Sebaliknya, apabila tekanan pedal kopling dilepas maka clutch disk akan dijepit oleh plat pada tutup kopling sehingga tenaga mesin dapat dialirkan ke clutch disk dan input shaft transmisi. Kopling yang terhubung dengan putaran mesin ini membuat transmisi juga ikut berputar.

Komponen-komponen Clutch cover

Komponen kendaraan berupa Clutch cover dilengkapi dengan beberapa komponen yang mendukung kinerjanya. Komponen-komponen yang terdapat dalam tutup kopling antara lain sebagai berikut.

  1. Impeller pump
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya