Tips & Trik

Ada Banyak, Inilah Alat Transportasi Laut

PUBLISHED DATE : 29 Agustus 2021

51867246 S

Penambangan minyak tidak selamanya dilakukan di atas daratan. Beberapa kilang minyak terdapat di atas lautan di mana dibutuhkan kapal tanker untuk mengangkut minyak. Kapal yang berfungsi sebagai alat transportasi minyak ini memiliki teknologi yang lebih canggih.

Navigasinya saja menggunakan satelit dan ukurannya super besar. Sebuah kapal tanker bisa memiliki panjang 378 meter dengan lebar 50 meter. Sedangkan berat kosongnya saja 167 ton. 

  • Kapal Perang 

Jenis kapal ini bukan sekedar transportasi laut barang atau penumpang saja tetapi juga senjata. Jika dulu digunakan untuk berperang di atas laut, kini fungsinya lebih untuk mempertahankan batas wilayah negara di laut. 

Turunan dari kapal perang sendiri ada begitu banyak, di mana terdapat salah satu kapal induk yang juga memiliki landasan udara. Ukurannya juga cukup besar dan perlu banyak awak kapal untuk bisa mengoperasikan kapal ini. 

  • Kapal Pesiar

Kapal ini merupakan salah satu jenis kapal layar modern yang fungsi utamanya adalah untuk membawa penumpang. Tujuan diciptakannya kapal ini bukan hanya mengangkut penumpang antar benua atau pulau tetapi untuk berlibur. 

Di dalam kapal pesiar sudah tersedia banyak fasilitas hiburan dari restoran, kolam renang sampai ballroom. Kapal pesiar akan berhenti di beberapa pelabuhan negara yang terkenal dengan rute tertentu. 

  • Kapal Tongkang

Baca Juga : Sebelum Berangkat, Lengkapi Dulu Dokumen Kapal Yang Ada

Merupakan transportasi laut yang cukup fleksibel dengan bentuk lebih datar. Di mana fungsi utamanya adalah untuk mengangkut barang. Bisa juga digunakan untuk mengangkut peti kemas namun jumlahnya tidak sebanyak kapal kargo. 

Keunikan dari kapal ini adalah bisa juga digunakan untuk melewati sungai yang cukup lebar. Sehingga jangkauan dari kapal ini lebih luas. 

  • Kapal Ro-Ro

Pernahkan Anda bertanya bagaimana kendaraan impor bisa masuk ke Indonesia atau negara lain? Salah satunya adalah menggunakan alat transportasi laut berupa kapal ro-ro. Singkatan ini adalah roll on/ roll off di mana digunakan untuk angkutan khusus truk atau mobil. 

  • Kapal Selam

Jenis yang terakhir adalah kapal selam yang dirancang untuk bisa menyelam di bawah laut dan tujuannya adalah untuk militer. Selain kapal perang, kapal selam juga dibutuhkan untuk menjaga perbatasan negara. 

Inilah berbagai jenis transportasi laut yang hingga saat ini masih beroperasi dan banyak dibutuhkan manusia.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya