Tips & Trik

Ada Banyak, Inilah Alat Transportasi Laut

PUBLISHED DATE : 29 Agustus 2021

51867246 S

Tak hanya antar pulau, kapal penumpang ini juga bisa digunakan untuk melintasi benua. Besar kecilnya kapal yang menentukan berapa banyak muatan penumpang dan barang yang bisa diangkut. 

Kapal penumpang sendiri termasuk dalam jenis kapal layar yang kini digerakkan menggunakan mesin. 

  • Kapal Kargo

Transportasi laut kapal lainnya ada juga yang khusus digunakan mengangkut barang saja. Istilah lainnya adalah kapal kargo, di mana barang akan dikemas dalam peti kemas. Jenis barang yang dikirim biasanya untuk kebutuhan ekspor dan impor. 

Fungsinya untuk mengangkut barang, membuat kapal ini berukuran sangat besar. Karena ukuran dari peti kemas atau kontainer juga sangat besar.  

  • Kapal Feri 

Merupakan jenis kapal yang paling familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kapal ini digunakan untuk menyeberangi pulau dan ukurannya lebih kecil dibandingkan kapal layar. Ukurannya yang sedang tidak mengurangi kapasitas dan kekuatannya. 

Fungsi dari kapal feri adalah sebagai kapal penyeberangan, di Indonesia paling sering digunakan untuk menyeberangi selat. Kapal feri bisa digunakan untuk mengangkut penumpang maupun barang bahkan kendaraan seperti truk, bus dan mobil. 

  • Kapal Tunda

Baca Juga : Bagaimana Cara Kerja Mesin Kapal Boat Saat Mengerem?

Pada saat sebuah kapal mengalami kerusakan, maka ada kapal lain yang ukurannya lebih kecil dan berfungsi untuk menarik. Sehingga kapal yang rusak tersebut bisa berlabuh. Jenis kapal yang digunakan untuk menarik tersebut adalah kapal Tunda. 

Kapal ini didesain secara khusus sehingga memiliki tenaga yang cukup besar. Sehingga mampu menarik kapal lain meskipun ukurannya lebih besar. Kapal ini bukanlah kapal penyelamat atau kapal penumpang. 

  • Kapal Penangkap Ikan

Transportasi laut yang selanjutnya ini ukurannya lebih besar dibandingkan perahu. Jika perahu adalah jenis transportasi laut penangkap ikan yang lebih kecil, kapal ini ukurannya lebih besar. 

Nelayan pun bisa tinggal di kapal penangkap ikan ini selama berminggu-minggu. Ukurannya yang lebih besar membuat kapal ini mampu mengangkut tangkapan ikan yang lebih banyak lagi. Selain itu juga dilengkapi dengan alat berat untuk menarik jala ikan. 

  • Kapal Penyelamat

Disebut juga dengan lifeboat, merupakan jenis kapal yang digunakan untuk menyelamatkan ketika terjadi kecelakaan di laut. Kapal ini fungsinya sangat penting untuk menanggulangi bencana. 

  • Kapal Tanker
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya