Tips & Trik

Ada Banyak, Inilah Alat Transportasi Laut

PUBLISHED DATE : 29 Agustus 2021

51867246 S

Apa saja jenis kapal yang Anda kenali? Hanya beberapa jenis kapal saja yang banyak dikenali oleh masyarakat umum. Contohnya kapal feri yang bisa digunakan untuk menampung penumpang dan kendaraan seperti bus dan mobil. 

Padahal transportasi laut tidak terbatas itu saja. Ada banyak jenis alat transportasi di laut yang dibutuhkan manusia. Semua alat transportasi ini diciptakan bahkan bukan sekedar mengangkut penumpang saja. 

Sekilas Mengenai Perkembangan Alat Transportasi Laut

Apakah alat transportasi jarak jauh yang pertama kali ada di dunia? Jawabannya adalah kapal. Sebelum masuk ke revolusi industri, manusia menggunakan kapal untuk menjelajahi pulau bahkan benua. 

Kapal digerakan dengan tenaga angin menggunakan layar. Banyak sekali penjelajah di dunia yang terkenal menggunakan kapal. Contohnya saja Christopher Columbus yang menemukan benua Amerika. 

Perkembangan kapal sendiri terjadi pada abad ke 18 di mana waktu itu banyak mesin diciptakan. Termasuk mesin untuk kendaraan darat seperti mobil. Kapal pun diberikan tambahan mesin supaya bisa bergerak lebih cepat dan mudah dikendalikan. 

Istilah kapal layar sendiri lebih sering digunakan untuk menyebutkan transportasi laut yang ukurannya lebih besar. Pada zaman dahulu kapal layar digunakan untuk mengangkut lebih banyak manusia dan menjadi alat transportasi untuk mengunjungi kerajaan lewat jalur laut. 

Beberapa jenis kapal layar yang hingga saat ini masih digunakan di Indonesia contohnya kapal pencalang, kapal pinisi, atau kapal patorani. Semua jenis kapal tersebut digunakan untuk wisata. 

Baca Juga : Ayo Mengenal Lebih Dekat Apa itu Kapal

Pada ukuran yang lebih kecil, istilah yang digunakan adalah perahu. Di Indonesia sendiri perahu ada begitu banyak jenisnya dan sebagian besar adalah alat transportasi tradisional. Walaupun di jaman modern ini perahu sudah menggunakan tambahan mesin. 

Penggunaan perahu sendiri lebih ke arah untuk mencari ikan karena tidak bisa digunakan untuk mengangkut penumpang dalam jumlah banyak. Perahu tradisional masih lebih banyak digunakan di Indonesia dibandingkan kapal layar. 

Contoh perahu tradisional seperti perahu jongkong, kora-kora, golekan dan pompong. Setiap daerah di Indonesia memiliki nama-nama dan bentuk perahu yang berbeda sesuai dengan kebudayaannya.

62101401_s

Macam-Macam Transportasi Laut dan Fungsinya 

Perubahan bentuk kapal sendiri dipengaruhi oleh kebutuhan manusia. Ketika dibutuhkan untuk bisa mengangkut lebih banyak penumpang, maka ukuran kapal diperbesar. 

Begitu juga dengan penambahan mesin yang lebih bertenaga, menjadikan transportasi laut menjadi lebih modern. Hingga saat ini ada begitu banyak jenis alat transportasi laut yang tersedia dengan berbagai macam fungsi. Apa saja itu? 

  • Kapal Penumpang

Jenis kapal yang pertama ini sudah banyak dikenal yang tujuannya adalah untuk bisa mengangkut penumpang dari satu pulau ke pulau lainnya. Kapal penumpang sangat dibutuhkan di Indonesia mengingat ada begitu banyak pulau. 

Tak hanya antar pulau, kapal penumpang ini juga bisa digunakan untuk melintasi benua. Besar kecilnya kapal yang menentukan berapa banyak muatan penumpang dan barang yang bisa diangkut. 

Kapal penumpang sendiri termasuk dalam jenis kapal layar yang kini digerakkan menggunakan mesin. 

  • Kapal Kargo

Transportasi laut kapal lainnya ada juga yang khusus digunakan mengangkut barang saja. Istilah lainnya adalah kapal kargo, di mana barang akan dikemas dalam peti kemas. Jenis barang yang dikirim biasanya untuk kebutuhan ekspor dan impor. 

Fungsinya untuk mengangkut barang, membuat kapal ini berukuran sangat besar. Karena ukuran dari peti kemas atau kontainer juga sangat besar.  

  • Kapal Feri 

Merupakan jenis kapal yang paling familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kapal ini digunakan untuk menyeberangi pulau dan ukurannya lebih kecil dibandingkan kapal layar. Ukurannya yang sedang tidak mengurangi kapasitas dan kekuatannya. 

Fungsi dari kapal feri adalah sebagai kapal penyeberangan, di Indonesia paling sering digunakan untuk menyeberangi selat. Kapal feri bisa digunakan untuk mengangkut penumpang maupun barang bahkan kendaraan seperti truk, bus dan mobil. 

  • Kapal Tunda

Pada saat sebuah kapal mengalami kerusakan, maka ada kapal lain yang ukurannya lebih kecil dan berfungsi untuk menarik. Sehingga kapal yang rusak tersebut bisa berlabuh. Jenis kapal yang digunakan untuk menarik tersebut adalah kapal Tunda. 

Kapal ini didesain secara khusus sehingga memiliki tenaga yang cukup besar. Sehingga mampu menarik kapal lain meskipun ukurannya lebih besar. Kapal ini bukanlah kapal penyelamat atau kapal penumpang. 

  • Kapal Penangkap Ikan

Transportasi laut yang selanjutnya ini ukurannya lebih besar dibandingkan perahu. Jika perahu adalah jenis transportasi laut penangkap ikan yang lebih kecil, kapal ini ukurannya lebih besar. 

Nelayan pun bisa tinggal di kapal penangkap ikan ini selama berminggu-minggu. Ukurannya yang lebih besar membuat kapal ini mampu mengangkut tangkapan ikan yang lebih banyak lagi. Selain itu juga dilengkapi dengan alat berat untuk menarik jala ikan. 

  • Kapal Penyelamat

Disebut juga dengan lifeboat, merupakan jenis kapal yang digunakan untuk menyelamatkan ketika terjadi kecelakaan di laut. Kapal ini fungsinya sangat penting untuk menanggulangi bencana. 

  • Kapal Tanker

Penambangan minyak tidak selamanya dilakukan di atas daratan. Beberapa kilang minyak terdapat di atas lautan di mana dibutuhkan kapal tanker untuk mengangkut minyak. Kapal yang berfungsi sebagai alat transportasi minyak ini memiliki teknologi yang lebih canggih.

Baca Juga : Apa Itu Gearbox Kapal? Ini Fungsi Dan Komponennya

Navigasinya saja menggunakan satelit dan ukurannya super besar. Sebuah kapal tanker bisa memiliki panjang 378 meter dengan lebar 50 meter. Sedangkan berat kosongnya saja 167 ton. 

  • Kapal Perang 

Jenis kapal ini bukan sekedar transportasi laut barang atau penumpang saja tetapi juga senjata. Jika dulu digunakan untuk berperang di atas laut, kini fungsinya lebih untuk mempertahankan batas wilayah negara di laut. 

Turunan dari kapal perang sendiri ada begitu banyak, di mana terdapat salah satu kapal induk yang juga memiliki landasan udara. Ukurannya juga cukup besar dan perlu banyak awak kapal untuk bisa mengoperasikan kapal ini. 

  • Kapal Pesiar

Kapal ini merupakan salah satu jenis kapal layar modern yang fungsi utamanya adalah untuk membawa penumpang. Tujuan diciptakannya kapal ini bukan hanya mengangkut penumpang antar benua atau pulau tetapi untuk berlibur. 

Di dalam kapal pesiar sudah tersedia banyak fasilitas hiburan dari restoran, kolam renang sampai ballroom. Kapal pesiar akan berhenti di beberapa pelabuhan negara yang terkenal dengan rute tertentu. 

  • Kapal Tongkang

Merupakan transportasi laut yang cukup fleksibel dengan bentuk lebih datar. Di mana fungsi utamanya adalah untuk mengangkut barang. Bisa juga digunakan untuk mengangkut peti kemas namun jumlahnya tidak sebanyak kapal kargo. 

Keunikan dari kapal ini adalah bisa juga digunakan untuk melewati sungai yang cukup lebar. Sehingga jangkauan dari kapal ini lebih luas. 

  • Kapal Ro-Ro

Pernahkan Anda bertanya bagaimana kendaraan impor bisa masuk ke Indonesia atau negara lain? Salah satunya adalah menggunakan alat transportasi laut berupa kapal ro-ro. Singkatan ini adalah roll on/ roll off di mana digunakan untuk angkutan khusus truk atau mobil. 

  • Kapal Selam

Jenis yang terakhir adalah kapal selam yang dirancang untuk bisa menyelam di bawah laut dan tujuannya adalah untuk militer. Selain kapal perang, kapal selam juga dibutuhkan untuk menjaga perbatasan negara. 

Inilah berbagai jenis transportasi laut yang hingga saat ini masih beroperasi dan banyak dibutuhkan manusia.

Berita Lainnya