Tips & Trik

7 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 04 Oktober 2021

New Baleno (2)1

Apakah Anda menggunakan mobil matic versi lama? Jika iya, sebaiknya cek dulu pada bagian kabel accelerator kickdown. Kabel ini berada di bagian throttle valve yang menjadi satu bagian bersama kabel accelerator pedal gas. 

Kesalahan dalam menyetel kabel accelerator kickdown ini akan membuat mobil matic menyentak. Memang tidak mudah untuk menyetel kabel ini, sehingga harus dilakukan oleh teknisi yang profesional. 


Solusinya adalah dengan mengecek kemudian menyetel ulang kabel agar kondisi mobil matic kembali normal. Hanya saja penyebab mobil matic nyentak ini tidak akan Anda temukan pada mobil keluaran terbaru karena minim penggunaan kabel.

 

New_Baleno__1_

    4. Brake dan Clutch Sudah Aus 

Baca Juga : Apa Sih Bedanya Facelift dan All New di Otomotif

Sempat disinggung di atas bahwa dalam sistem transmisi terdapat brake dan clutch yang dikontrol oleh AT Solenoid. Kedua komponen ini terbuat dari susunan plat kopling basah. Brake akan bergerak demi mendapatkan perbandingan gigi yang diperlukan kendaraan. 

Sedangkan clutch akan menghubungkan antara torque sehingga dapat memindahkan momen mesin ke intermediate shaft. Begitu juga untuk memutuskan hubungan torque converter supaya menghentikan perpindahan momen mesin. 

Kedua komponen ini bekerja dengan cara saling bergesekan, oleh karena itulah keausan adalah hal yang wajar. Pada saat brake dan clutch ini sudah aus maka kinerjanya tentu semakin terganggu. 

Karena tidak bisa bekerja dengan baik, maka mobil akan menyentak. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti yang baru sehingga sistem transmisi bekerja dengan baik kembali. 

    5. Komponen Elektrik yang Mengalami Masalah

Permasalahan elektrik pada sebuah mobil tidak hanya selalu berhubungan dengan starter atau lampu saja. Tetapi juga bisa mempengaruhi masalah pada transmisi. Pada saat komponen elektrik ini mengalami masalah, mobil bisa menyentak. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Tips Aman Mencuci Mesin Mobil

Tips Aman Mencuci Mesin Mobil

Karena dianggap bagian yang sangat vital dan rentan dengan air (terutama komponen elektrikal), bagian mesin kerap diabaikan saat pemilik kendaraan mencuci mobilnya. Tidak hanya itu...

selengkapnya