Tips & Trik

4 Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

PUBLISHED DATE : 08 Mei 2023

Oli Gardan Motor Matic Habis

Jika diperlukan, isi kembali atau ganti oli gardan dengan yang baru. Sebab, pada umumnya kondisi motor yang bergetar bisa terjadi karena aktivitas pelumasan yang tidak berjalan secara sempurna. 

Akibatnya, pada saat melewati jalanan tertentu, motor matic Anda akan terasa bergetar. Untuk memastikan, cobalah mengendarai motor matic di jalanan yang menurun. 

Keberadaan oli gardan ini sangat penting untuk menjaga performa transmisi dan berbagai komponen gardan yang ada pada kendaraan berkopling kering. Jadi, wajar apabila oli gardan sampai kehabisan bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin. 

 

  • Performa Motor Semakin Menurun

 

Ciri oli gardan motor matic habis yang ketiga adalah ketika Anda mulai merasakan bahwa performa kendaraan terasa kian menurun. Misalnya, akselerasi yang berjalan lambat atau kecepatan maksimum yang semakin terbatas. 

 

  • Oli Gardan Terkontaminasi

 

Baca Juga : Apa Itu Coolant Radiator?

Oli gardan motor matic yang telah terkontaminasi juga bisa membuat kinerja mesin menjadi terganggu. Jika kekentalan oli gardan pada mobil hingga SAE 70, untuk motor matic tingkat kekentalan oli gardan harus berkisar antara SAE 140 atau SAE 90. 

Seiring berjalannya waktu dan lamanya pengoperasian kendaraan matic tersebut, maka tingkat kekentalan pada oli gardan juga akan semakin berkurang dan terkontaminasi. 

Bila ini terjadi, hal tersebut merupakan pertanda bahwa oli gardan motor matic habis dan harus segera diganti karena telah tidak layak untuk digunakan lagi.

Ciri Lain yang Menandakan Oli Gardan Motor Matic Perlu Diganti

Ternyata, tanda-tanda bahwa oli gardan motor matic mulai habis tidak hanya empat ciri itu saja. Masih ada beberapa ciri lainnya yang juga perlu Anda perhatikan, antara lain: 

 

  • Suhu Gardan Meningkat

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya