Tips & Trik

4 Ciri Oli Gardan Motor Matic Sudah Habis

PUBLISHED DATE : 08 Mei 2023

Oli Gardan Motor Matic Habis

Hal inilah yang kerap membuat pemiliknya lupa atau telat menggantinya. Setidaknya ada 4 ciri yang terlihat ketika oli untuk bagian transmisi ini sudah saatnya diganti, antara lain:

 

  • Munculnya Suara Bising

 

Ciri oli gardan motor matic habis yang pertama adalah terdengar suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT. Letak box CVT itu sendiri ada di gardan atau roda belakang motor matic

Suara yang ditimbulkan seperti berdecit atau berderit, bahkan ada yang sangat berisik sampai terdengar suara “kletek-kletek” saat motor dikendarai. 

Munculnya suara bising ini dikarenakan fungsi oli gardan sebagai penggerak transmisi otomatis sudah tidak kental atau mulai terlihat encer. 

Saat daya lumas oli gardan berkurang, secara otomatis gesekan yang terjadi antar komponen transmisi di dalam box gardan tidak terlumasi dengan baik. Gesekan antar komponen gear inilah yang akhirnya memunculkan suara bising. 

Ditambah lagi dengan adanya kotoran yang berasal dari logam yang telah bersirkulasi bersama dengan oli. Kondisi yang demikian pada komponen gardan motor matic mengakibatkan permukaan logam menjadi lebih cepat aus. 

Baca Juga : Jangan Sembarangan Ganti Kaca Spion Motor! Ini Alasannya

Jika sampai mendengar suara bising di kendaraan matic Anda, segera bawa ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan penggantian oli gardan. 

Jika diabaikan, dampaknya bisa membuat beberapa komponen pada motor matic seperti gear ratio menjadi rentan aus sehingga usia pakainya pun ikut menurun. 

Akhirnya, biaya perbaikan kendaraan menjadi berkali lipat lebih besar dibandingkan dengan biaya penggantian oli pelumas gardan motor matic

 

  • Motor Bergetar

 

Selain terdengar suara bising di bagian box CVT, ciri kedua oli gardan motor matic habis adalah ketika tiba-tiba motor terasa bergetar di bagian bodi dan stang motor. 

Tidak hanya itu saja, kendaraan matic tersebut juga mengeluarkan suara kasar saat dikendarai, terutama ketika dipacu dengan kecepatan tinggi. Jika hal ini terjadi, segera cek level oli gardan motor matic Anda apakah masih berada di level aman atau tidak. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Aki Motor2

Tips Perawatan Aki Motor

Mengingat fungsinya yang sangat vital, perawatan aki motor menjadi salah satu hal yang harus dilakukan secara rutin.  Pasalnya, komponen inilah yang berguna untuk menyal...

selengkapnya