Tips & Trik

Oli Gardan: Pengertian, Manfaat dan Cara Menggantinya

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/Suzuki_nex_2_(1).jpg

Oli kendaraan ada begitu banyak jenisnya dan menjadi komponen penting yang memiliki jadwal penggantian secara rutin. Oli gardan menjadi salah satu jenis oli yang dibutuhkan pada motor dan mobil matic selain oli mesin. 

Jadwal penggantian oli gardan pun lebih lama dibandingkan oli mesin karena beberapa hal. Jika penggantiannya terlambat tentu saja akan ada efek negatif yang dialami oleh motor. Apa saja itu? Simak penjelasan lengkap tentang oli yang satu ini. 

Apa Itu Oli Gardan dan Manfaatnya 

Baca Juga : Penyebab Karburator Motor Nembak & Cara Mengatasinya

Oli gardan adalah pelumas yang dibutuhkan untuk melicinkan komponen transmisi otomatis. Sehingga ketika komponennya saling bergesekan, maka tidak ada komponen yang cepat rusak. 

Sayangnya karena penggantian oli ini lebih lama dibandingkan dengan oli mesin, banyak yang lupa untuk menggantinya. Oli butuh waktu lama diganti karena tidak mudah rusak terpengaruh panas seperti oli mesin. 

Letak box gardan yang jauh dari ruang pembakaran membuat oli ini tidak cepat rusak karena efek panas. Justru kerusakan oli gardan muncul karena penggunaan dan juga debu atau air yang masuk dari selang CVT. 

Baca Juga : Penyebab Motor Tidak Ada Pengapian dan Cara Mengatasinya

Pada saat oli sudah tidak bisa berfungsi lagi, maka tingkat kekentalannya akan menurun. Selain itu warna oli juga akan berubah menjadi coklat susu karena debu dan kotoran yang masuk. 

Apabila oli kotor maka proses penggantian yang dilakukan meliputi pengurasan. Sehingga semua komponen benar-benar bersih dari debu, air, bahkan kotoran seperti lumpur. Nantinya setelah diganti dengan oli yang baru, kinerjanya akan membaik seperti semula. 

Waktu penggantian oli gardan yang tepat untuk motor adalah 8.000 km atau rata-rata pemakaian normal selama 3 bulan. Jarak tempuh tersebut juga sama dalam penggantian oli pada mobil matic. 

Baca Juga : Mika Lampu Motor Kusam dan Menguning? Begini Triknya

Jika diganti dengan rutin, maka beberapa manfaat dari oli berikut ini akan bekerja secara optimal. 

  • Melapisi Komponen CVT

Manfaat utama dari oli gardan adalah memberikan lapisan pada seluruh komponen transmisi CVT (Continuously Variable Transmission). Transmisi otomatis membutuhkan lapisan yang bisa menahan kinerjanya. 

Tanpa adanya lapisan oli, gesekan yang terjadi antar komponen akan menciptakan overheat pada motor. Seperti yang diketahui bahwa overheat adalah hal yang harus dihindari karena bisa merusak komponen yang saling bergesekan tersebut.  

  • Gerak Transmisi Lebih Lancar

Adanya oli pada sistem transmisi motor matic membuat gerakan jadi lebih halus, mengingat perubahan gear terjadi secara otomatis. Dengan begitu kinerja transmisi menjadi lebih lancar. Perpindahan kecepatan yang dibutuhkan pengemudi akan aman. 

Motor matic harus bisa merubah kecepatan motor baik itu dalam kondisi drastis atau statis. Baik itu perubahan kecepatan putar dari tinggi ke rendah atau sebaliknya. Apabila penggantiannya diperhatikan, maka kinerjanya akan lebih bagus dan motor pun jadi lebih awet.

Suzuki_nex_2__2_

Efek yang Muncul jika Terlambat Ganti Oli Gardan 

Sudahkah Anda mengganti oli gardan dengan rutin pada motor matic? Setelah mengetahui manfaatnya, sebaiknya cek kembali apakah penggantian oli sudah dilakukan. Jika belum, pastikan Anda menggantinya sesuai jadwal. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya