Tips & Trik

10 Tips Membeli Motor Bekas agar Tidak Kecewa

PUBLISHED DATE : 05 Juni 2018

Nex2 Ellegant (1)1

Melalui BPKB Anda akan tahu apakah kendaraan sudah sering diperjualbelikan atau baru di tangan pertama. Mengetahui surat ini bertujuan agar Anda tidak membeli motor curian mengingat saat ini begitu banyak kasus curanmor. 

    6. Mencocokan Nomor Rangka dan Mesin

Tips membeli motor bekas selanjutnya adalah mengecek nomor mesin dan rangka pada motor. Pencocokan harus dilakukan dengan surat-suratnya. Nomor yang tertera pada rangka dan mesin harus sama dengan yang tertulis pada surat kendaraan. 

Bagian ini seringkali terlewatkan tetapi bisa berakibat sangat fatal. Apabila nomor tidak cocok pada surat sebaiknya jangan dibeli. Karena mungkin saja kendaraan tersebut hasil curian. Selain itu Anda akan mendapat masalah ketika hendak mengurus surat kendaraan nantinya. 

    7. Mengecek Keadaan Bodi Motor

Apabila surat dan nomor sudah sesuai maka Anda bisa melanjutkan pengecekan pada kondisi fisik motor. Untuk pengecekan ini tentu lebih mudah karena sangat terlihat dengan jelas. 

Kondisi yang bagus tentu saja bebas goresan, peyok, atau retak yang menjadi tanda kendaraan pernah jatuh atau bertabrakan. Cobalah menanyakan apakah semua suku cadang yang digunakan masih asli dan tidak ada perubahan. 

Baca Juga : Motor Matic Kena Banjir? Segera ke Bengkel!

Lebih baik untuk mengajak kerabat yang paham betul dengan motor sehingga mereka bisa mengenali kejujuran dari jawaban penjual dari kondisi motor. Jadi Anda akan terhindar dari penipuan. 

    8. Mengecek Kondisi Oli 

Tips membeli motor bekas selanjutnya adalah mengetahui bagaimana kondisi oli dari kendaraan. Cek apakah jumlah oli berlebihan atau tidak. Oli yang kondisinya masih bagus akan bekerja baik dalam meredam suara mesin. Jadi akan lebih baik untuk menyalakan kendaraan. 

Selain itu cek kapasitas oli dari pengukur batas maksimal yang biasanya terdapat pada penutup oli. Langkah ini  tentu sangat penting agar Anda tahu bahwa kendaraan masih menggunakan oli yang bagus. 

    9. Menyalakan Mesin

Apabila kedua hal di atas sudah berjalan dengan baik, Anda bisa menghidupkan kendaraan. Anda tidak perlu menambah gas melainkan membiarkan agar motor menyala. Dengan begitu akan terdengar apakah suara mesin masih halus. 

Selain itu biasanya mesin yang dinyalakan tanpa digas dengan putaran mesin di bawah 1500 rpm akan tampak bermasalah atau tidak. Jika tiba-tiba mati artinya ada beberapa masalah pada mesinnya. 

    10. Mengecek Fungsi Speedometer

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya