Tips & Trik

Yuk Mengenal Lebih Dalam Sistem Kelistrikan Motor

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2020

Sistem Kelistrikan Sepeda Motor

Saat ini, mesin stator atau spul sudah memiliki banyak modifikasi untuk mengimbangi kebutuhan konsumen yang semakin ingin dipermudah. Spul saat ini didesain lebih praktis dengan sedikit gulungan kawat. Mesin spul sendiri dibuat dengan jalur arus kawat bolak balik menyerupai kumparan mesin AC.

Fungsi perkembangan mesin spul ini bertujuan meningkatkan arus listrik yang dihasilkan. Arus yang dihasilkan ini juga akan terbagi untuk menyalakan semua lampu pada motor. Dengan ini pula, pengendara motor akan lebih tertolong saat berkendara di malam hari tanpa ketakutan lampu mati.

Jalur Yang Ada Pada Sistem Kelistrikan Motor

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, perangkat listrik motor ini memiliki susunan yang kompleks. Sistem ini memiliki jalur laju yang dinamis dan komparatif. Jalur laju inilah yang memicu proses terbentuknya arus listrik sebagaimana secara garis besar telah disinggung sebelumnya.

Alur dari jalannya perangkat ini cukup sederhana karena dapat dirangkum dalam 3 macam jalur. Pecinta motor haruslah memahami jalur perangkat ini sebelum melakukan modifikasi-modifikasi akan tetapi modifikasi motor sangat tidak disarankan. Berikut penjelasan masing-masing jalur yang lebih rinci.

  • Jalur Pengapian

Jalur pertama disebut pengapian karena berguna sebagai tempat pembakaran. Jalur perapian atau ruang pembakaran ini berfungsi mengirim arus listrik ke kumparan busi. Keterkaitan busi dan ruang bakar inilah yang menimbulkan percikan arus dari busi sebagai pemantik otomatis.

Baca Juga : Biar Ngacir, Ini 10 Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Pada jalur pengapian sendiri terdapat dua bagian jalur yang mengatur perangkat listrik ini. Kedua jalur tersebut adalah alternatif current serta direct current. Kedua jalur tersebut dapat dilihat perbedaannya secara jelas bila dilakukan pembongkaran mesin pengapian jika diperlukan.

Jalur pengapian biasanya disebut dengan istilah pendek AC dan DC. Ruang pengapian AC sebenarnya adalah perangkat yang ada pada mesin motor keluaran lama. Pengapian jenis AC biasanya melengkapi mesin karburator motor sehingga banyak ditemukan pada motor-motor lama.

Jalur AC ini memiliki makna arus listrik yang berguna untuk ruang pembakaran yang bersumber langsung dari spul yang ditransfer ke CDI. Kumparan arus inilah yang kemudian diterima koil perangkat dan busi mesin. Jalur kedua adalah DC yang menjadi inovasi baru ruang pengapian.

Pada motor keluaran terbaru, mesin bukan berupa karburator tapi berupa injeksi dan DC adalah pelengkapnya. Perbedaannya dengan AC adalah, jalur ini memiliki pengaturan arus yang ditransfer ke koil dilakukan oleh ECU. Hal ini juga menjadi alasan mesin injeksi butuh arus yang konstan dari aki motor.

  • Jalur Penerangan
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya