Tips & Trik

Waspada, Ternyata Ini Penyebab Motor Ngebul

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/penyebab_motor_ngebul.jpg

Jika motor 4 tak tiba-tiba mengeluarkan asap putih, bisa jadi motor tersebut mengalami masalah pada ruang pembakarannya.

Penyebab motor ngebul tersebut bisa bermacam-macam. Salah satu penyebabnya adalah kuda besi motor sudah berumur atau sudah waktunya diganti yang baru.

Selain itu, faktor yang menyebabkan motor berasap tersebut adalah sisa pembakaran gas bahan bakar menghasilkan emisi yang banyak.

Baca Juga : Begini Teknik Tepat Pengereman Motor di Kecepatan Rendah

Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan motor Anda ngebul atau mengeluarkan asap sehingga bisa diperbaiki.

Penyebab Motor Ngebul

GSXS

Ruang Pembakaran Mengalami Masalah

Baca Juga : Ini Bahayanya Memakai Peninggi Shock Breaker Sepeda Motor

Ruang pembakaran yang kotor dan jarang dirawat juga dapat menjadi faktor utama keluarnya asap ini. Ruang pembakaran yang kotor bisa menimbulkan kerak di dalamnya, sehingga mempengaruhi kerja oli motor. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkannya ke bengkel.

Ruang pembakaran ini memiliki fungsi yang cukup penting pada kendaraan. Jika ruang pembakarannya bermasalah, selain mengeluarkan asap yang mengganggu, tentu ini bisa mempengaruhi komponen yang lain. Karena itulah, perawatan terhadapnya sangat diperlukan dan harus dilakukan secara rutin.

Piston Rusak

Baca Juga : Knalpot Motor Injeksi Ngebul? Begini Cara Menanganinya

Pada sepeda motor, ring piston dibagi menjadi 2 jenis, yakni ring kompresi dan ring oli. Tentu saja kedua jenis piston ini memiliki fungsi yang berbeda.

Dalam hal ini, ring kompresi memiliki fungsi untuk merapatkan celah diantara piston dengan blok silinder, hal ini berfungsi agar tekanan kompresi tidak bocor.

Selanjutnya jenis keduanya yaitu ring oli, berguna untuk mencegah oli keluar dari ruang engkol yang akan menuju ruang bakar. Kedua ring ini tentu bisa rusak.

Faktor penyebabnya yaitu oli di ruang pembakaran mengenai piston aus, sehingga gas menghasilkan banyak emisi dan menimbulkan asap berwarna putih. Jika warna asap berwarna hitam, berarti udara yang masuk lebih sedikit daripada bahan bakar.

Untuk mengatasinya, lakukan pengecekan pada ECU (Electronic Control Unit). Jika ada kerusakan yang cukup parah, maka Anda harus melakukan pembongkaran mesin (overhaul). Gejalanya yaitu biasanya mesin akan sulit dihidupkan di pagi hari.

Silinder Aus

Silinder aus juga bisa menjadi penyebab motor ngebul. Saat mesin motor bekerja, ring piston dan liner akan bergesekan. Pada rentang waktu tertentu keduanya bisa mengalami keausan, sehingga oli akan masuk ke ruang pembakaran. Jika mengalami hal ini, maka Anda perlu pergi ke tukang bubut.

Gejala yang dialami saat silinder aus adalah mesin akan loss power dan sulit dihidupkan ketika kondisi mesin masih dingin. Solusinya adalah Anda harus servis ulang liner silinder atau melakukan bore up.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya