Tips & Trik

Waspada, Ternyata Ini Penyebab Motor Ngebul

PUBLISHED DATE : 23 Desember 2020

Penyebab Motor Ngebul

Jika motor 4 tak tiba-tiba mengeluarkan asap putih, bisa jadi motor tersebut mengalami masalah pada ruang pembakarannya.

Penyebab motor ngebul tersebut bisa bermacam-macam. Salah satu penyebabnya adalah kuda besi motor sudah berumur atau sudah waktunya diganti yang baru.

Selain itu, faktor yang menyebabkan motor berasap tersebut adalah sisa pembakaran gas bahan bakar menghasilkan emisi yang banyak.

Untuk mengatasi masalah ini, maka Anda perlu mengetahui apa saja yang bisa menyebabkan motor Anda ngebul atau mengeluarkan asap sehingga bisa diperbaiki.

Penyebab Motor Ngebul

GSXS

Ruang Pembakaran Mengalami Masalah

Ruang pembakaran yang kotor dan jarang dirawat juga dapat menjadi faktor utama keluarnya asap ini. Ruang pembakaran yang kotor bisa menimbulkan kerak di dalamnya, sehingga mempengaruhi kerja oli motor. Oleh karena itu, Anda harus rajin membersihkannya ke bengkel.

Ruang pembakaran ini memiliki fungsi yang cukup penting pada kendaraan. Jika ruang pembakarannya bermasalah, selain mengeluarkan asap yang mengganggu, tentu ini bisa mempengaruhi komponen yang lain. Karena itulah, perawatan terhadapnya sangat diperlukan dan harus dilakukan secara rutin.

Piston Rusak

Pada sepeda motor, ring piston dibagi menjadi 2 jenis, yakni ring kompresi dan ring oli. Tentu saja kedua jenis piston ini memiliki fungsi yang berbeda.

Baca Juga : Lampu Kolong Motor : Pengertian, Fungsi dan Cara Pasangnya

Dalam hal ini, ring kompresi memiliki fungsi untuk merapatkan celah diantara piston dengan blok silinder, hal ini berfungsi agar tekanan kompresi tidak bocor.

Selanjutnya jenis keduanya yaitu ring oli, berguna untuk mencegah oli keluar dari ruang engkol yang akan menuju ruang bakar. Kedua ring ini tentu bisa rusak.

Faktor penyebabnya yaitu oli di ruang pembakaran mengenai piston aus, sehingga gas menghasilkan banyak emisi dan menimbulkan asap berwarna putih. Jika warna asap berwarna hitam, berarti udara yang masuk lebih sedikit daripada bahan bakar.

Untuk mengatasinya, lakukan pengecekan pada ECU (Electronic Control Unit). Jika ada kerusakan yang cukup parah, maka Anda harus melakukan pembongkaran mesin (overhaul). Gejalanya yaitu biasanya mesin akan sulit dihidupkan di pagi hari.

Silinder Aus

Silinder aus juga bisa menjadi penyebab motor ngebul. Saat mesin motor bekerja, ring piston dan liner akan bergesekan. Pada rentang waktu tertentu keduanya bisa mengalami keausan, sehingga oli akan masuk ke ruang pembakaran. Jika mengalami hal ini, maka Anda perlu pergi ke tukang bubut.

Gejala yang dialami saat silinder aus adalah mesin akan loss power dan sulit dihidupkan ketika kondisi mesin masih dingin. Solusinya adalah Anda harus servis ulang liner silinder atau melakukan bore up.

Batang Katup Bermasalah

Batang katup merupakan komponen berupa batang besi yang terhubung dengan bagian cam. Batang katup yang bermasalah akan menekan salah satu seal katup. Akibatnya, oli bisa masuk ke ruang pembakaran lewat celah yang ada.

Normalnya, batang katup harus 100% lurus tanpa ada kebengkokan sedikitpun. Jika bengkok, maka posisinya tidak akan bisa diatur karena sisi lainnya akan tertekan dan longgar. Standarnya adalah lubang katup harus diletakkan secara center dengan lubang intake atau exhaust.

Adanya kelonggaran tersebut membuat oli mudah masuk ke ruang pembakaran. Maka dari itu Anda harus mengganti seal katup dengan katupnya sekaligus, karena jika hanya salah satu saja, pasti masih akan timbul masalah yang sama.

Seal Klep Mengeras dan Bocor

Salah satu kemungkinan lagi yang menjadi penyebab motor ngebul adalah seal katup mengeras. Seal katup yang mengalami pengerasan akan berkurang kerapatannya. Hal itu menyebabkan oli mudah masuk ke ruang mesin. Dalam hal ini, Anda perlu menggantinya dengan seal baru.

Botol Klep Bermasalah

Seperti pada pembahasan sebelumnya, botol klep yang pemasangannya tidak tepat akan bermasalah. Jangan sampai katup yang digunakan tertukar. Ketidaksesuaian posisi botol klep akan berpotensi menimbulkan kebocoran. Botol klep yang aus juga membuat kinerjanya tidak optimal.

Cara mengatasi hal tersebut adalah menyekir katup agar posisi katup sesuai atau pada posisi center. Anda juga perlu mengecek kondisinya secara rutin. Jika memang mengalami keausan, maka harus diganti lagi dengan yang baru.

Tiang Payung Klep Longgar

Masalah pada tiang payung klep juga dapat menjadi penyebab motor ngebul. Apabila komponen tersebut masih padat, maka masih aman. Berbeda lagi jika kondisinya sudah longgar.

Hal yang perlu segera dilakukan jika ini terjadi adalah memeriksa dengan menggoyangkannya atau langsung mengganti tiang payung klep yang baru.

Packing Kepala Silinder Rusak

Packing berperan sebagai preparat yang menjaga tekanan. Tekanan tersebut dijaga agar kompresi tidak hilang, dimana hal itu digunakan untuk merapatkan jalur oli dari bak oli menuju kepala silinder. Sistem komponen ini berada di sambungan antara blok silinder dengan kepala silinder.

Jika packing kepala silinder rusak, maka tekanan kompresi akan bocor dan menyebabkan oli keluar. Oli yang keluar masih dikatakan normal jika asapnya masih normal, tidak dibarengi dengan rembesan banyak oli pada permukaannya.

Baca Juga : Safety First, Ini Perlengkapan Touring Motor Yang Wajib Ada

Oli yang merembes keluar dapat menimbulkan asap berwarna putih yang ngebul. Jika hal tersebut terjadi, maka mesin akan selalu kotor dan menimbulkan suara knalpot yang keras atau berbeda dengan biasanya. Untuk mengatasinya, Anda perlu mengganti komponen packing silinder dengan yang baru.

Ada Masalah pada Knalpot

Knalpot yang bermasalah juga dapat menghasilkan asap yang berlebihan. Ada beberapa tipe knalpot yang bisa menyemprotkan oli masuk ke knalpot, misalnya seperti knalpot motor racing. Dampak oli yang disemprotkan ke sisa pembakaran itu akan dapat menimbulkan kebakaran.

Kebakaran dapat bermula dari tingginya suhu gas exhaust sehingga mengeluarkan asap putih. Untuk mengatasinya, Anda perlu melepas knalpot motor terlebih dahulu. Kemudian, Anda bisa menghidupkan mesin motor untuk mengecek kondisinya.

Oli Terlalu Encer

Oli yang terlalu encer dapat menyebabkan oli tersebut mudah masuk pada mesin. Idealnya, oli mesin harus memiliki tingkat keenceran yang sesuai atau SAE rekomendasi. Cara untuk mengatasinya adalah menguras oli dan mengganti oli yang cocok secara berkala.

Tune Up Kurang Pas

Selain memperbaiki, ternyata tune up juga bisa menyebabkan masalah. Apabila penyetingannya tidak sesuai, maka komposisi bahan bakar yang masuk akan bermasalah. Hal itu mengakibatkan adanya sisa pembakaran yang berupa asap putih yang keluar.

Motor 4 tak sudah dirancang untuk tidak ngebul atau mengeluarkan asap. Jadi jika motor 4 tak Anda mengeluarkan asap ngebul,, maka cek tiap komponen yang sudah disebutkan diatas. Apabila masih tetap bermasalah, maka lakukan servis ke bengkel yang tepat dan terpercaya.

Jika Anda membutuhkan penggantian sparepart, maka gunakan suku cadang original dari Suzuki. Sparepart Suzuki ini tentu memiliki kualitas yang tinggi dan sesuai standar.

Beberapa poin penyebab motor ngebul diatas dapat dijadikan informasi bagi Anda yang mungkin mengalami masalah serupa. Lakukan pengecekan pada tiap komponen tersebut dan atasi secara sesuai agar tidak kembali terjadi masalah yang sama.

Berita Lainnya