Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Penyebab Motor Brebet & Cara Mengatasinya

PUBLISHED DATE : 09 April 2021

Busi Motor

    6. Setelan klep yang renggang

Motor brebet juga bisa disebabkan oleh setelah klep yang mulai merenggang. Setelan ini merenggang karena masa pemakaian kendaraan. Klep akan merenggang atau bergeser akibat putaran mesin yang terjadi terus menerus. 

Hal ini sebenarnya bisa diketahui sejak dini jika Anda rutin melakukan perawatan ke bengkel resmi. Karena teknisi akan menyetel ulang klep sehingga performa motor kembali normal. Namun jika jarang servis, maka penyebab motor brebet bisa jadi karena masalah klep ini. 

    7. Filter bensin yang kotor

Penyebab selanjutnya adalah terdapat pada filter bensin yang sudah kotor. Filter bensin berfungsi untuk menyaring bahan bakar agar kotoran tidak masuk ke ruang pembakaran. Fungsinya tidak jauh berbeda dari filter udara, jadi komponen ini perlu rajin dibersihkan. 

Kotoran yang menumpuk akan membuat suplai bahan bakar tidak lancar. Sehingga pembakaran yang terjadi tak sempurna dan motor akan brebet ketika dinyalakan. Rutin membersihkan filter bensin dan menggantinya adalah solusi terbaik. 

    8. Kotornya fuel pump

Baca Juga : Begini Posisi Ban yang Benar Saat Parkir di Turunan atau Tanjakan

Selain filter bensin, kotornya fuel pump juga menjadi penyebab utama motor brebet. Fuel pump bertugas untuk memompa bahan bakar masuk ke ruang pembakaran. Ketika komponen ini kotor, maka yang terjadi adalah tekanan bahan bakar bisa terlalu tinggi atau rendah. 

Kondisi inilah yang menyebabkan pembakaran juga tidak sempurna. Anda perlu rutin mengecek apakah fuel pump bekerja dengan baik. Sehingga tekanan bensin lebih teratur yang membuat sistem pembakaran pada motor bekerja dengan baik. 

Kebanyakan penyebab motor brebet adalah kotornya beberapa komponen yang berpengaruh dalam kelancaran ruang pembakaran. Penyebab ini bisa muncul karena tidak rutin servis motor sebagai bagian dalam perawatan. 

Jadi jika Anda mengalami salah satu dari penyebab motor brebet di atas, segera  bawa motor Anda ke bengkel resmi Suzuki untuk mendapatkan servis terbaik yang dilakukan langsung oleh teknisi handal. 

Selain itu peralatan yang digunakan untuk mengecek masing-masing komponen lebih lengkap. Motor yang Anda gunakan pun akan bebas brebet, sesering apapun digunakan. 

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya