Tips & Trik

Wajib Tahu Ini Aturan Penggunaan Knalpot Mobil di Jalan Raya

PUBLISHED DATE : 13 Februari 2024

Aturan Knalpot Di Jalan Raya

Penting untuk menyoroti bahwa jenis knalpot yang diizinkan bukan hanya sekadar memenuhi regulasi, tetapi juga memastikan bahwa suara yang dihasilkan tidak mengganggu kesehatan dan ketenangan masyarakat sekitar. Dengan memilih knalpot yang sesuai dengan standar, kita dapat menghindari sanksi hukum dan turut serta dalam membangun keharmonisan di jalanan.

Konsekuensi Hukum

Baca Juga : Sudah Tahu? Yuk Kenali Batas Laut Indonesia

Melanggar aturan kebisingan knalpot di jalan raya bukan hanya masalah etika, tetapi juga dapat berakibat pada konsekuensi hukum serius. Undang-Undang No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan secara tegas mengatur sanksi bagi pengemudi yang menggunakan knalpot melampaui batas kebisingan yang ditetapkan. Pasal 285 ayat (1) Jo. Pasal 106 ayat (3) menyatakan bahwa setiap orang yang mengemudikan kendaraan dengan knalpot yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan dapat dikenakan sanksi berupa kurungan hingga 1 bulan atau denda maksimal Rp250.000.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Suzuki Burgman

Apa itu Inreyen pada Motor?

Setelah membeli motor baru, maka ada hal penting yang perlu dilakukan, yaitu inreyen motor. Namun, mungkin saja masih banyak orang yang belum mengetahui hal ini, termasuk tentang c...

selengkapnya