Tips & Trik

Tutorial Mudah Ganti Lampu LED pada Motor

PUBLISHED DATE : 25 Mei 2023

Lampu Led Motor

Hal terakhir yang wajib Anda lakukan yakni terkait dengan dana. Pastikan Anda membeli lampu LED yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Terdapat banyak merek yang menawarkan harga lebih terjangkau, namun pastikan juga Anda mengetahui kualitasnya. Pastikan untuk memilih yang paling sesuai untuk kondisi dan kebutuhan Anda.

Cara Ganti Lampu LED Motor

Setelah mengenal berbagai kelebihan dari jenis lampu ini, sepertinya makin banyak pengguna lampu bohlam yang ingin mengganti lampu motornya menjadi jenis LED. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti lampu motor menjadi LED.

  • Pilih dan Pasang Socket/Fitting

Sebelum melakukan pemasangan, Anda perlu memilih dulu socket/fitting yang tepat dan sesuai untuk motor yang Anda miliki.

Jika Anda memakai motor bebek, biasanya memakai yang tipe H6. Selain itu, jika untuk motor sport, tipe yang paling umum yakni tipe H4.

Pastikan Anda tidak salah memilih. Anda juga dapat berkonsultasi kepada yang lebih ahli jika masih ragu.

Selanjutnya, masuk ke tahap pemasangan. Cara pasang lampu LED motor juga bisa dibilang cukup mudah.

Baca Juga : Teknik Cruise Control: Mengoptimalkan Kecepatan Mobil

Lampu LED biasanya telah menyediakan jalur untuk meletakkan mur. Anda hanya perlu mengaitkan serta mengencangkannya.

  • Lakukan Pemasangan di Reflektor

Dalam proses memasang lampu ini, Anda dapat meletakkan per di bagian tempat lampu. Setelah itu, pasang LED pada reflektor. Pemasangan ini dilakukan seperti ketika Anda memasang bohlam lampu biasa.

  • Pasang Kabel

Mula-mula, fitting utama yang ada pada lampu asli (bawaan dari motor) harus Anda potong. Setelah itu, lanjut pada penyambungan kabel. Setiap kabel yang ada di sana perlu disambungkan ke kabel dari lampu LED.

Untuk pemasangan kabel ini, Anda perlu perhatikan warnanya. Kabel yang memiliki warna hijau, itu menandakan arus negatif. Kabel warna biru adalah kabel untuk lampu jauh, sedangkan yang memiliki warna putih menandakan untuk lampu jarak dekat.

Ada hal yang perlu Anda perhatikan dalam tahapan ini, yaitu Anda harus menutup semua sambungan kabel tersebut. Anda dapat menutup kabel tersebut memakai isolasi. Hal ini digunakan supaya tidak ada kabel yang terbakar.

  • Tahap Pengaturan

Jika Anda telah melakukan semua tahap yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa masuk ke tatap pengaturan untuk lampu LED.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Oli Gardan Mobil

Waktu Tepat Ganti Oli Gardan Mobil

Pentingnya pemeliharaan oli gardan dalam kendaraan tidak dapat diabaikan. Oli gardan memiliki peran krusial dalam melumasi dan melindungi komponen gardan, yang berkontribusi secara...

selengkapnya