Tips & Trik

Tow Bar: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 04 November 2021

83830530 S

Beberapa pemilik mobil yang tidak memiliki rencana untuk menarik kendaraan lain biasanya mengandalkan fungsi pelindung ini lantas memasang tow hitch. Khususnya yang tinggal di daerah macet, cara ini akan membantu mobil agar terhindar dari goresan. 

Apalagi karena tow hitch ini terbuat dari baja tentu tidak akan mudah penyok ketika terjadi benturan. Anda yang merasa kesal karena sering menemui penyok di area belakang mobil bisa mempertimbangkan memasang aksesoris yang satu ini. 

    3. Menjadi Dudukan Rak Sepeda

Siapa sangka bahwa tow hitch ini memiliki fungsi lainnya yaitu sebagai dudukan sepeda atau bike rack. Ada jenis tow hitch khusus yang bisa juga dimanfaatkan untuk meletakkan sepeda di bagian belakang mobil. 

Jika dulunya sepeda membutuhkan perangkat hitch bicycle rack, kini Anda tidak perlu lagi memasangnya. Anda juga tidak harus meletakkan sepeda di atas mobil yang bisa membuat lecet atau membeli sepeda lipat. 

Hobi bersepeda yang Anda miliki pun kini jadi lebih leluasa dilakukan karena sepeda kesayangan bisa dibawa kemanapun menggunakan tow hitch. 

    4. Membuat Tampilan Mobil Lebih Tangguh

Baca Juga : Kurang Suka Aroma Interior Mobil Baru? Begini Solusinya

Tak ketinggalan sebagai fungsi yang terakhir adalah untuk memperindah mobil Anda sehingga terlihat tangguh. Kebanyakan pemilik mobil yang dimodifikasi akan memasang tow hitch pertama kali. 

Jika Anda saat ini memiliki mobil tipe hatchback atau sedan yang notabene adalah mobil mungil dalam kota, bisa menambahkan tow hitch untuk merubah kesannya. Mobil mungil Anda tidak kalah keren dari mobil yang biasa digunakan untuk offroad. 

124873604_s

Jenis Tow Bar yang Ada di Pasaran dan Cara Pemasangannya 

Sebelum membeli tow hitch dan memasangnya di mobil, Anda terlebih dahulu harus memilih manakah aksesoris yang bentuknya pas. Bukan pas dalam artian tampilan tetapi juga fungsinya. 

Dibandingkan di Indonesia, towing hitch lebih banyak dijual di pasar Amerika dan Eropa mengingat kebudayaan mobil caravan berasal dari sana. Namun di pasar Indonesia sendiri pun tidak terlalu sulit untuk mencari tow hitch meskipun tidak terlalu lengkap. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya