Tips & Trik

Tow Bar: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 04 November 2021

83830530 S

Triangular shaped system ini akan diletakkan pada mobil yang hendak diderek. Kedua adalah tow hitch system yang dipasang pada bagian belakang mobil. Letaknya tersebut memungkinkan mobil untuk bisa menderek kendaraan lainnya. 

Asal usul dari pemasangan aksesoris tow hitch berasal dari mobil caravan yang banyak dikendarai di negara-negara Eropa serta Amerika. Awal pemasangannya sendiri ada di bagian dalam sehingga tidak terlalu terlihat. 

Namun karena pemasangan tersebut mampu mempengaruhi bagian ban serep dan juga knalpot. Oleh karena itulah pemasangannya kini lebih terlihat yaitu di posisi menjorok keluar bagian belakang mobil. 

Justru berkat penempatannya yang berada di luar inilah, aksesoris tow hitch mendapat perhatian masyarakat yang cukup besar. Permintaan pasar di Indonesia pun cukup tinggi. 

Apa Saja Fungsi Tow Bar?

Sebelum memilih untuk memasang tow hitch ini Anda juga perlu tahu apa saja fungsinya.

Baca Juga : Aerodinamika Mobil : Fungsi, Bagian dan Gayanya

Mengingat komponen ini tak hanya untuk memperindah tampilan mobil agar gagah saja. Ada beberapa fungsi yang bisa Anda dapatkan dari komponen ini sebagai berikut:

  1. Titik Tumpu Pengait untuk Menderek

Fungsi yang paling utama adalah untuk titik tumpu pengait pada saat menarik kendaraan lainnya. Mengingat fungsinya sebagai penarik, maka titik tumpu yang dibuat ini harus benar-benar kuat. 

Pada beberapa kasus, tow hitch ini bisa menjadi tumpuan untuk menarik beban seberat 1 ton. Bentuk yang paling umum digunakan biasanya memiliki bola yang mempermudah peletakkan alat kait. 

Penambahan towing hitch ini sebelumnya harus menghilangkan towing hook yang merupakan bawaan pabrik. Dilihat dari fungsinya ini, kesalahan pemasangan memang tidak dapat ditoleransi, jika tidak bisa menimbulkan kecelakaan. 

    2. Melindungi Bumper Belakang dari Benturan

Pada fungsi yang kedua, bumper belakang mobil akan jauh lebih aman ketika mengalami benturan yang ringan. Bumper tidak mudah penyok meskipun Anda tidak sengaja menabrak yang mengenai bagian belakang mobil. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya