Tips & Trik

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran

PUBLISHED DATE : 29 Maret 2024

SUZUKI 3 JUNI

Tradisi mudik alias pulang ke kampung halaman sudah dapat dipastikan akan terus terjadi dan dilakukan oleh masyarakat Indonesia setiap tahunnya. Adanya tradisi ini juga meningkatkan fenomena kepemilikan kendaraan, seperti membeli mobil baru maupun mobil bekas.

Ya, memiliki mobil menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang ingin bermudik. Alasannya dapat berbagai macam, mulai dari kebanggaan, dapat mengajak seluruh keluarga, hingga hemat ongkos transportasi.

Namun, tidak semua orang memiliki budget yang besar untuk membeli mobil baru dan akhirnya memilih untuk menyewa atau memiliki mobil second/bekas. Bagi Anda yang sedang berencana membeli kendaraan bekas, pahami berbagai tips dan keuntungannya di bawah ini!

Tips Membeli Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran

Memiliki kendaraan tidak harus baru, terlebih jika Anda belum memiliki budget yang dapat memungkinkan Anda memilih kendaraan baru. Kendaraan bekas juga banyak yang berfungsi optimal dan dalam kondisi yang bagus.

Tapi, ketika Anda memilih kendaraan bekas maka Anda wajib memeriksa seluruh kondisi secara ekstra. Tidak mudah tergiur dengan harga yang murah dan kondisi eksterior yang mulus adalah hal yang harus ditekankan. Untuk tips memilih kendaraan bekas lainnya, simak berikut ini:

  • Mendengarkan Rekomendasi dari Teman

Tips pertama adalah mencari dan mendengarkan beberapa rekomendasi dari teman. Ketika memilih kendaraan bekas, tentu Anda tidak dapat mengandalkan ucapan penjualnya saja. 

Anda harus lebih sedikit ragu dan tidak percaya pada setiap cerita bagus tentang kendaraan yang dijual.

Maka dari itu, mencari berbagai rekomendasi dari teman dekat atau review dari beberapa kerabat merupakan hal penting yang wajib Anda lakukan. Tujuannya, agar Anda tidak mudah tergiur dan percaya pada ucapan sang penjual mobil bekas.

  • Perhatikan Tahun Produksi Mobil

Baca Juga : Susunan Ring Piston yang Benar: Rahasia Performa Mesin yang Optimal

Semakin lama sebuah kendaraan diproduksi, tentu akan semakin membutuhkan perawatan lebih dan kemungkinan penurunan kualitas mesin. 

Ketika Anda memutuskan untuk memilih beli kendaraan bekas, maka perhatikan tahun produksi. Anda juga dapat memilih sesuai preferensi mobil tahun produksi berapa yang Anda inginkan. 

Selain memerhatikan tahun produksi mobil, Anda juga dapat bertanya-tanya tentang riwayat pemakaian dan riwayat servis. Misalnya, apakah mobil pernah mengalami kecelakaan dan sebagainya.

  • Lakukan Test Drive

Tips ketiga adalah melakukan test drive atau uji coba mobil bekas yang akan Anda pilih. Hal ini bertujuan agar Anda tidak hanya tertarik pada penampilan luar saja.

Perlu dipahami bahwa biasanya, penjual mobil sudah memoles rapi dan bagus kendaraan bekas yang akan dijualnya.

Test drive bertujuan untuk memastikan kondisi mesin, tekanan ban serta rem kendaraan. Untuk alasan keamanan, Anda disarankan membawa teman atau kerabat yang paham dalam bidang otomotif ketika melakukan test drive.

  • Membandingkan Harga dengan Dealer Lain

Ketika ingin membeli kendaraan bekas, Anda dapat melakukan perbandingan harga dari dealer satu ke dealer lainnya.

Anda tidak perlu berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, karena saat ini Anda cukup berkelana di internet melalui portal jual-beli kendaraan bekas.

Dari sini, Anda dapat membandingkan harga kendaraan bekas yang diinginkan dari satu penjual ke penjual lainnya.

Selain itu, Anda juga dapat langsung bertanya dan menghubungi penjual karena biasanya portal jual-beli kendaraan bekas menyediakan hal tersebut.

  • Periksa Kelengkapan Surat Mobil

Tips terakhir adalah memeriksa kelengkapan surat-surat mobil. Aspek satu ini tidak kalah penting dengan memeriksa mesin kendaraan mobil bekas yang akan Anda pilih. Surat dan dokumen kendaraan bekas juga wajib lengkap.

Surat-surat yang perlu Anda periksa adalah BPKB, STNK, dan surat pendukung lainnya yang berasal dari pemilik mobil lama. Tidak lupa juga untuk memeriksa nomor rangka dan nomor mesin apakah sesuai dengan yang tertera dalam STNK dan BPKB mobil.

Keuntungan Memilih Kendaraan Bekas

Memiliki kendaraan bekas bukan suatu hal yang merugikan. Justru, belakangan ini masyarakat banyak yang tertarik memiliki kendaraan bekas dengan berbagai alasan. Misalnya, ingin mengoleksi mobil keluaran lama atau mobil klasik, menekan budget, dan sebagainya.

Memiliki kendaraan bekas tidak selalu merugikan. Maka dari itu, beberapa keuntungan memiliki kendaraan bekas berikut ini:

  • Harga Mobil yang Terjangkau

Keuntungan pertama tentu adalah harga mobil yang lebih terjangkau. Ketika Anda membutuhkan kendaraan untuk mudik, tentu budget adalah hal pertama yang harus diperhatikan. Biasanya, kebutuhan menjelang hari raya cukup banyak.

Maka dari itu, memilih kendaraan bekas dapat menekan budget Anda. Keuntungan lainnya adalah Anda mendapatkan mobil dengan fitur serta spesifikasi yang sama seperti mobil baru, namun dengan harga yang terjangkau.

  • Pilihan Model Lebih Bervariasi

Kedua, pilihan model mobil yang lebih bervariasi karena biasanya kendaraan bekas memiliki variasi model dari tahun ke tahun.

Artinya, jika Anda mencari kendaraan dengan model tertentu yang diinginkan dan sudah tidak produksi baru lagi, maka mencari unit bekas adalah solusinya. Anda juga dapat keuntungan seperti banyaknya pilihan model alternatif yang diinginkan. 

Misalnya, Anda menginginkan mobil dengan model A, namun budget serta kondisi tidak sesuai. Maka, penjual akan menawarkan mobil model B yang fitur, spesifikasi, dan budget lebih sesuai dengan Anda.

  • Biaya Asuransi Rendah

Biaya asuransi yang rendah dibandingkan mobil baru merupakan keuntungan memiliki mobil bekas. Hal ini dikarenakan nilai penggantian kendaraan bekas lebih rendah dan biaya asuransi yang disesuaikan dengan tahun pembelian mobil tersebut.

Baca Juga : Sepeda Motor Yang Paling Cocok Untuk Street Ride

Hal ini tentu menguntungkan Anda yang ingin menekan biaya asuransi per bulannya. Karena baik kendaraan baru maupun bekas, sebaiknya gunakan asuransi untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan dan merugikan Anda di kemudian hari.

  • Negosiasi Harga Lebih Mudah

Keuntungan terakhir membeli kendaraan bekas adalah negosiasi harga yang lebih mudah dan fleksibel. 

Hal ini karena penjual kendaraan bekas akan lebih terbuka dengan harga jualnya. Maka dari itu, Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mendapatkan harga terbaik.

Anda dapat menawar kendaraan bekas dengan harga terendah atau sesuai dengan budget yang Anda miliki. Tentu hal ini juga dilakukan sesuai dengan kondisi fitur dan spesifikasi kendaraan bekas yang ditawarkan.

Periksa Kondisi Kendaraan Bekas Anda di Suzuki Certified Used Car

Setelah Anda mengetahui dan memahami berbagai tips memilih kendaraan bekas untuk pulang ke kampung halaman. Tentu poin penting yang wajib dilakukan adalah memeriksa kondisi mesin dan seluruh fitur serta spesifikasi mobil.

Ternyata, Anda dapat memiliki kendaraan bekas yang bersertifikasi dan bergaransi! Suzuki menawarkan layanan bernama Suzuki Certified Used Car Auto Value. Layanan ini akan memungkinkan Anda untuk mengetahui spesifikasi resmi hasil dari pemeriksaan teknisi resmi.

Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan kendaraan bekas dengan spesifikasi terbaik. Mobil yang akan dijual dan melewati proses spesifikasi Suzuki Auto Value, menjamin kondisi speedometer dan surat-surat tidak dipalsukan, sehingga pembeli tidak akan dirugikan.

Tunggu apalagi, pilih jenis mobil second yang Anda inginkan dan coba pastikan apakah mobil tersebut telah melalui proses spesifikasi bergaransi oleh Suzuki Certified Used Car. Anda dapat memiliki mobil terbaik dengan harga sesuai budget dan kondisi mesin yang bagus.

Jika tertarik memilih mobil bekas, Anda dapat menghubungi dealer resmi Suzuki dan bertanya tentang layanan Suzuki Certified Used Car. Untuk informasi dan artikel lebih lengkap, klik di sini!

Berita Lainnya