Tips & Trik

Tidak Sulit, Begini Cara Menghilangkan Baret Mobil

PUBLISHED DATE : 28 September 2020

Penghilang Baret Mobil

Tidak semua jenis mobil akan menjadi lebih baik tampilannya jika akan dicat ulang. Sebelum melakukannya, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu apakah mobil Anda akan layak untuk di cat ulang, sebab biaya yang harus dikeluarkan untuk pengecatan ulang cukup mahal.

Cara yang perlu dilakukan ketika mengecat ulang, bukan langsung di cat begitu saja. Sebelum melakukannya, Anda perlu mengamplas bagian mobil yang baret. Cat mobil yang digunakan bukan keseluruhannya berbahan dasar cat, melainkan Anda perlu mencampurnya terlebih dahulu dengan tiner.

Menghilangkan dengan Minyak Rem

Bahan selanjutnya yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan baret mobil adalah minyak rem. Sebelum melakukannya, Anda perlu mengumpulkan alat pendukung terlebih dahulu. Alat yang diperlukan yaitu kanebo kering.

Langkah pertama yang perlu Anda disini lakukan adalah menuang minyak rem yang ke kanebo kering. Jangan terlalu berlebihan menggunakan minyak rem. Berikan minyak rem sesuai dengan kebutuhan saja. Setelah dituang Anda dapat mengoles ke permukaan mobil yang baret secara merata.

Terdapat cara lain selain menggunakan kain kanebo. Sebenarnya, Anda juga dapat menuangkan minyak rem secara langsung ke dalam bagian mobil yang sudah tergores. Akan tetapi cara seperti ini perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari terpolesnya bagian mobil yang masih bersih.

Baca Juga : Mulai Musim Hujan? Simak Manfaat Coating Mobil Disini

Karena sangat berisiko jika langsung menuangkan ke bagian mobil yang sudah baret, maka alangkah baiknya Anda tetap menggunakan cara pertama saja. Setelah selesai melakukan pemolesan, mobil dapat dibersihkan dengan air seta di lap menggunakan kanebo yang kering. 

Menghilangkan baret mobil menggunakan minyak rem sebenarnya tidak sulit. Hanya saja Anda perlu berhati-hati karena sifat minyak rem yang sangat keras. Jika terjadi kesalahan sangat disayangkan dan dikhawatirkan tampilan mobilnya tidak sesuai dengan yang Anda inginkan.

Menghilangkan dengan Tipe Wax

Menghilangkan baret dengan menggunakan tipe wax hanya dapat dilakukan jika goresan yang terjadi merupakan goresan halus. Terdapat dua jenis tipe wax, yaitu tipe wax dalam bentuk padat dan cair. Wax cair dapat membuat goresan terlihat lebih samar karena bahannya yang bersifat abrasif.

Ketika menggunakan wax cair, Anda harus berhati-hati karena jika menggosoknya terlalu keras, maka akan menyebabkan goresan semakin bertambah. Sedangkan untuk wax padat tidak memiliki kandungan bahan abrasif, jadi aman untuk Anda gunakan.

Demikian penjelasan singkat mengenai bagaimana cara menghilangkan baret mobil dengan mudah dan murah. Tanpa membawa mobilnya ke bengkel Anda dapat melakukannya secara mandiri dan lebih hemat biaya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya