Tips & Trik

Tidak Sama, Ini Bedanya Modifikasi dan Custom Kendaraan

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/suzuki_(1)1.jpg

Banyak orang yang sering menyamakan arti modifikasi dengan custom. Meskipun memiliki makna yang hampir sama, namun kedua hal ini berbeda. Pengertian modifikasi dan custom dalam dunia otomotif sebenarnya sama-sama memiliki arti mengubah motor dari versi standar.

Akan tetapi, pada prakteknya, dua hal tersebut memiliki makna yang berbeda. Supaya lebih jelas lagi, simak ulasan tentang perbedaan antara modifikasi dan custom pada kendaraan bermotor berikut ini.

Mengenal Arti Custom

Custom, menurut versi bahasa inggris, artinya adalah sesuatu yang pembuatannya disesuaikan dengan pesanan. Custom juga bisa dipahami penyesuaian dengan karakter, keinginan, atau fungsi tertentu. Oleh karena itu, custom adalah melakukan perubahan sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Baca Juga : Bahaya Menambahkan Kursi Tambahan di Motor untuk Anak

Custom pada motor berarti mengubah rancangan pada sepeda motor standar pabrik. Maksudnya yaitu berusaha membuat desain motor seunik mungkin menyesuaikan imajinasi serta karakter pengguna motor. Versi ini tentu saja berbeda dengan versi pabrikan secara umum.

Custom motor menggunakan part serta model kerangka tersendiri. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengubah bagian-bagian motor. Istilah custom mengacu pada perubahan spek kendaraan. Perubahan ini sebagian besar dilakukan secara manual dan cenderung menyeluruh.

Arti Modifikasi

Apa itu modifikasi? Modifikasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pengubahan. Maksudnya adalah dilakukan pengubahan dari bentuk semula. Modifikasi pada motor adalah pengubahan terhadap motor dari kondisi standar pabrik.

Baca Juga : Mau Touring? Ini Persiapan Touring Motor Yang Wajib

Hal ini terdengar hampir sama dengan custom, namun konteksnya berbeda. Perubahan pada motor modifikasi bukan merupakan perubahan total seperti custom. Modifikasi pada motor adalah pengubahan yang dilakukan pada motor dengan menggunakan aftermarket atau barang jadi.

Modifikasi motor berarti mengubah kondisi motor standar pabrik dengan mengganti komponennya. Komponen atau spare part yang digunakan untuk mengganti dapat dibeli dari aftermarket. Selain itu, sparepart pengganti ini dapat diambil dari sparepart motor jenis lain.

Perbedaan Custom dan Modifikasi

Setelah menyimak pengertian modifikasi dan arti custom, perlu diketahui bahwa ada kesamaan diantara keduanya secara umum. Kesamaannya adalah adanya perubahan spesifikasi kendaraan jika dibandingkan pada kondisi standar versi pabrikan. Lalu, bagaimana perbedaannya? Ini ulasannya.

  • Custom

Baca Juga : Kebiasaan Buruk Saat Mengemudi Mobil Ini Bikin Boros Bensin

Perbedaannya, pada motor custom perubahan yang terjadi lebih spesifik dan lebih luas. Motor custom tidak hanya mengubah bentukan dari pabrik, namun bisa juga membuatnya sendiri dari nol. Artinya, baik semua bagian dan bentuk motor dikerjakan dari nol.

Custom pada kendaraan bermotor berarti mengubah kendaraan dari standar pabrik menjadi bentukan baru. Motor custom dibuat dengan mengganti part kendaraan secara total. Rata-rata, motor custom telah menanggalkan komponen asli bawaan pabrik.

Bentuk pengubahan motor ini dimulai dari desain, frame, hingga aksesoris yang berusaha diciptakan sendiri. Hal ini membuat motor custom sulit untuk ditiru, bahkan dapat dikatakan hanya dimiliki oleh yang membuat saja.

Motor custom juga lebih lama pengerjaannya dan lebih mahal biayanya. Ini disebabkan karena untuk membuat motor custom, Anda dapat mendatangkan spesialis tangki, bubut, dan lain sebagainya.

Karena menggunakan desain sendiri, maka pada motor custom cenderung dilakukan perubahan besar secara manual. Contoh motor custom adalah motor sport naked yang diubah menjadi scrambler, chopper, dan café racer.

  • Modifikasi

Lain dari custom, modifikasi hanyalah mengubah bagian tertentu dengan aftermarket agar terlihat berbeda dari versi pabrikan. Pada kendaraan bermotor tersebut juga terjadi perubahan namun  dalam arti yang berbeda. Intinya, modifikasi adalah mengubah komponen dengan barang jadi atau aftermarket.

Perubahan pada mobil modifikasi tidak dilakukan secara total. Modifikasi pada mobil dapat dilakukan dengan mengganti beberapa komponen dengan barang aftermarket. Cara pengubahan ini masih memungkinkan adanya kemiripan dengan mobil lain.

Misalnya, Anda dapat mengganti spion, pelek, atau bagian lain dengan spare part jenis mobil lain yang tidak sama dengan bentuk aslinya. Karena menggunakan barang yang sudah ada, maka ada kemungkinan bahwa ada yang memiliki mobil dengan modifikasi yang sama.

Secara kasar, dapat dikatakan bahwa perbedaan custom dan modifikasi terletak pada niat pembuatnya. mobil custom dibuat untuk berkarya dari nol. Sedangkan modifikasi mobil  dibuat untuk bergaya dan kepuasan dalam mengganti sparepart.

suzuki__2_

Kompetisi Digital Modification #Suzukitetapmelaju

Anda yang memiliki hobi memodifikasi motor bisa mengikuti lomba modifikasi mobil dan motor. Lomba Digital Modification #Suzukitetapmelaju ini dilaksanakan dalam rangka untuk merayakan ulang tahun yang ke 50 tahun Suzuki di Indonesia.

Lomba yang digelar PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tentang ‘Suzuki terus Berinovasi’ berupa digimods contest.  Lomba ini dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember 2020.

Tema yang diangkat dalam perlombaan ini adalah ‘Indonesian Pride’. Peserta disini akan ditantang untuk membuat konsep modifikasi mereka pada mobil Suzuki XL dan pada sepeda motor suzuki GSX-R150. Siapapun bisa mengikuti perlombaan ini.

  • Hadiah

Hadiah yang bisa Anda bawa pulang jika memenangkan lomba ini juga cukup menggiurkan. Apabila Anda menjadi pemenang utama, Anda akan mendapatkan satu unit motor GSX 150 Bandit. Seperti yang Anda ketahui, motor ini dibanderol mulai dari 26 juta rupiah

Jika Anda juara favorit satu, dua, dan tiga, jangan khawatir, tetap ada hadiah menarik untuk Anda. Anda bisa membawa pulang uang dengan total jutaan rupiah.

  • Juri

Kompetisi ini menggandeng tiga juri yang cukup ternama. Pertama ada Ateng Andi Akbar atau Atenx Katros, kedua ada Iman Budiman dari Gearhead Monkey Garage. Terakhir ada Andre Mulyani, yang merupakan founder National Modificator and Aftermarket Association atau NAMA.

  • Tata Cara Perlombaan

Perlombaan ini bisa diikuti oleh seluruh pecinta otomotif di Indonesia. Cara mengikutinya mudah, karena Anda tinggal mengakses www.suzukitetapmelaju.com. Kemudian, silahkan melakukan pendaftaran pada halaman tersebut.

Pemenang akan dipilih berdasarkan voting. Aspek-aspek yang dinilai antara lain orisinalitas desain, estetika desain eksterior, dan aplikasi modifikasi pada XL 7 atau GSX-R 150 yang tentu saja tidak boleh mengurangi aspek keamanan serta fungsi kendaraan setelah dilakukan modifikasi.

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 31 Januari 2021, melalui akun media sosial Suzuki. Baik itu instagram  (@Suzuki_id atau @SuzukiMotorIndonesia), Facebook Fanpage (Suzuki Indonesia dan Suzuki Motorcycles Indonesia) dan Twitter (Suzuki Indonesia atau Suzuki Motor ID).

Lomba ini diadakan dengan tujuan menarik minat generasi muda pada dunia modifikasi. Oleh karena itu, Suzuki mengadakan event ini, supaya bisa memberi ruang terhadap orang-orang yang kreatif dalam melakukan modifikasi kendaraan.

Tidak hanya talenta baru yang diharapkan hadir dalam kompetisi ini, namun juga bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat serta pihak Suzuki. Tentu saja termasuk dalam menghadirkan kendaraan yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Bagaimana? Anda tertarik untuk mengikuti lomba ini? Selain menjadi ajang pembuktian kreativitas, Anda juga bisa mendapatkan inspirasi dari peserta lain. Memperoleh ilmu, relasi, serta pengalaman yang menarik.

Kapan lagi Anda bisa mengikuti perlombaan yang sesuai dengan hobi dan kesukaan Anda? Dengan hadiah yang menarik serta ajang yang cukup bergengsi. Yuk buruan daftarkan diri Anda sekarang.

Berita Lainnya