Tips & Trik

Ternyata Banyak, Ini Dia Jenis Helm Dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/harga_helm_cross.jpg

Indonesia adalah salah satu negara yang padat penduduk. Banyaknya penduduk yang menetap di Indonesia menjadikan konsumen kendaraan bermotor juga meningkat. Dalam berkendara sendiri tentu dibutuhkan alat keselamatan diri berupa helm. Disini, ada banyak jenis helm yang bisa dipilih.

Helm menjadi alat penting untuk keselamatan pengendara motor. Pengendara motor yang bijak harus mempersiapkan kelengkapan berkendara yang termasuk helm sebelum bepergian.

Beberapa macam helm SNI ini bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi perjalanan menggunakan motor diantaranya sebagai berikut.

Helm Pendek Atau Helm Cetok

Baca Juga : Komponen Penting Mobil Ini Wajib Diperiksa Setelah Menempuh Perjalanan Jauh

Menjadi seorang pengendara maupun penggemar motor tidak afdol jika belum mengenal macam-macam helm. Perbedaan tampilan setiap helm secara umum merupakan inovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Semakin canggihnya peradaban saat ini menjadikan pembuatan dan macam helm juga semakin canggih lagi. Kebanyakan pengendara motor memilih alat transportasi tersebut sendiri sebagai sarana menghindari macet yang menjubel di kota-kota besar.

Sedangkan helm pendek ini lebih sering disebut dengan helm cetok. Alasan penamaan cetok tersebut karena helm ini hanya dapat menutupi kepala saja mirip dengan cetok atau mangkok.

Baca Juga : Panduan Memilih Sepatu yang Aman untuk Riding

Helm yang penggunaanya melekat di kepala ini berguna untuk melindungi organ vital kepala. Bagian kepala merupakan organ terpenting di tubuh manusia yang menjadi pusat mobilitas tubuh. Fungsi helm pendek ini yang menjadi alasan strukturnya lebih keras dari helm pada umumnya.

Helm pendek terbuat dari bahan material yang sangat keras untuk memaksimalkan fungsinya dengan baik. Model helm seperti ini kebanyakan digunakan oleh pengendara motor gede untuk melengkapi gayanya. Ketika menggunakan helm yang stylist ini pengendara harus memakai masker pencegah polusi udara.

helm_full_face

Helm Setengah Wajah

Baca Juga : Cari Tahu Trik Menjadikan Mesin Perahu Tempel Lebih Hemat Energi

Jenis helm berikutnya adalah helm setengah wajah. Helm dengan sejenis ini mempunyai desain yang sangat kekinian. Helm ini sangat populer dikalangan masyarakat karena keberadaanya mudah dicari. Helm ini banyak digemari warga milenial karena sudah pas melengkapi kebutuhan pengendara normal.

Sebagaimana fungsi helm pada umumnya, helm ini juga sangat kuat perlindungannya pada bagian kepala. Helm setengah wajah ini memiliki banyak peminat karena cara pemakaian maupun pelepasannya yang mudah. Kelebihan lainnya, pengendara bisa berbicara dengan kawannya karena kacanya hanya setengah.

Desain kaca yang dibuat setengah wajah ini telah disesuaikan dengan kebutuhan kaum milenial saat ini. Kebanyakan pengendara tidak menyukai kaca yang menutupi seluruh wajah karena dapat menghalangi pemandangan.

Helm setengah wajah ini sebaiknya dipilih untuk pemakaian sehari-hari karena lebih efisien. Namun, bahan yang digunakan untuk membuat helm ini variatif, sehingga pengguna harus cermat dalam memilihnya.

Salah satu varian helm yang didesain fleksibel ini dilengkapi busa di area dalamnya supaya pengguna nyaman. Kenyamanan yang ditawarkan oleh helm setengah wajah ini bisa dinikmati seluruh pengendara motor. Helm ini juga sesuai untuk motor jenis apapun dan tinggal menyesuaikan warnanya saja.

Helm Wajah Terbuka

Selanjutnya ada helm wajah terbuka. Helm dengan model seperti ini tentu tidak asing karena baru-baru ini menjadi idola pengendara motor. Helm jenis ini memiliki fleksibilitas tinggi sesuai dengan perkembangan peradaban yang semakin maju.

Varian helm tersebut didesain kekinian dengan bahan luar yang keras dan busa dalam yang lembut. Helm dengan jenis ini biasanya dilengkapi kaca yang bisa ditutup dan dibuka maksimal seperti helm bogo.  Biasanya, helm jenis ini menjadi pelengkap motor matic atau motor skuter kekinian kaum milenial.

Helm semacam ini sangat trendy karena dapat dilepas pakai dengan mudah dan warnanya lebih variatif. Model yang seperti ini biasanya dibuat dengan warna dan motif yang disukai orang-orang sehingga peminatnya pun banyak. Helm yang bisa dikatakan modis ini juga cocok bersanding dengan motor jadul.

Pengendara yang menggunakan perlengkapan helm wajah terbuka ini terkadang juga menambah aksesoris pendukung keselamatan lainnya. Aksesoris tersebut antara lain tali pengait helm hingga kacamata pengendara.

Helm Wajah Penuh

Pengendara motor tentu tidak asing lagi dengan helm wajah penuh. Jenis helm ini lebih familiar di kalangan pecinta motor cowok atau kopling. Jaman dahulu, helm ini hanya terlihat dipakai pembalap saja. Akan tetapi, saat ini, hampir semua pecinta motor sport bisa menggunakan helm wajah penuh ini.

Helm full face ini sangat aman digunakan karena dapat melindungi seluruh bagian kepala sampai dagu. Keuntungan menggunakan helm ini tentu sangat aman dan lebih baik dibanding helm jenis lainnya. Helm ini memiliki desain yang kuat dan kokoh sesuai tujuan penggunaannya di jalanan.

Varian helm ini sangat menguntungkan pengendara motor sport karena dapat mencegah pengguna kehujanan, kepanasan, terkena asap, dan polusi lainnya.

Tentu saja, helm ini sangat cocok dipakai oleh seorang pecinta motor yang hobi touring. Helm wajah penuh ini tidak jarang digemari oleh para anggota komunitas motor.

Helm dengan desain wajah penuh ini biasanya menggunakan kaca gelap sehingga pengendara tidak akan terkena silau cahaya. Selain over protektif, helm ini juga sangat sensitif. Dengan demikian, helm yang sangat sensitif ini perlu rajin dibersihkan agar pengendara selalu nyaman memakainya.

Helm Modular

Jenis berikutnya adalah helm modular. Jenis yang seperti ini desainnya hampir mirip dengan helm setengah wajah tapi fungsinya bisa menjadi helm full face. Helm modular cocok untuk pengendara motor yang gemar touring tapi tidak mau mengoleksi banyak helm karena cukup satu bisa untuk semua.

Harga helm modular ini juga lebih murah jika dibandingkan dengan helm sport karena desainnya yang lebih simpel.  Bagian luar dari helm  ini terbuat dari material kuat yang dibentuk sesuai dengan standar perlindungan organ-organ vital kepala.

Helm jenis ini biasanya dilengkapi alat atur otomatis untuk mengubah fungsi helm dari wujud normal menjadi helm touring atau sebaliknya. Kebanyakan, helm seperti ini dilengkapi dengan kaca mata gelap pelindung dari debu dan kerikil jalanan.

Helm yang multifungsi dan efisien ini memiliki kunci pengait di dagu yang sangat kuat. Namun, pada saat membeli helm ini, pastikan Anda memperhatikan kenyamanan dan keamanan saat helm digunakan. Pengendara bisa memilih helm yang nyaman sesuai ukuran kepalanya.

Helm Lintas

Varian helm yang terakhir adalah helm lintas. Helm lintas ini secara umum memiliki desain yang hampir mirip dengan helm wajah penuh. Helm lintas biasanya strukturnya lebih keras dan kuat dibandingkan helm-helm yang lainnya. Salah satu varian helm ini juga dilengkapi busa halus supaya pengendara nyaman.

Jenis seperti ini juga dikenal dengan helm cross karena biasanya digunakan oleh para pecinta motor cross. Helm ini memiliki bentuk yang menarik karena ada penutup atasnya yang mirip dengan topi. Helm lintas juga memiliki desain bagian dagu lebih panjang dari biasanya.

Helm cross memang khusus dibuat untuk pengendara motor cross karena membutuhkan perlindungan yang besar. Jenis ini dibuat lebih kuat dan tahan terhadap benturan karena landasan motor cross di jalan yang berliku dan berbatu terjal. Jenis helm ini bisa melindungi pengendara dari kemungkinan kecelakaan.

Berita Lainnya