Tips & Trik

Ternyata Banyak, Ini Dia Jenis Helm Dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 26 Agustus 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/harga_helm_cross.jpg

Pengendara yang menggunakan perlengkapan helm wajah terbuka ini terkadang juga menambah aksesoris pendukung keselamatan lainnya. Aksesoris tersebut antara lain tali pengait helm hingga kacamata pengendara.

Helm Wajah Penuh

Pengendara motor tentu tidak asing lagi dengan helm wajah penuh. Jenis helm ini lebih familiar di kalangan pecinta motor cowok atau kopling. Jaman dahulu, helm ini hanya terlihat dipakai pembalap saja. Akan tetapi, saat ini, hampir semua pecinta motor sport bisa menggunakan helm wajah penuh ini.

Helm full face ini sangat aman digunakan karena dapat melindungi seluruh bagian kepala sampai dagu. Keuntungan menggunakan helm ini tentu sangat aman dan lebih baik dibanding helm jenis lainnya. Helm ini memiliki desain yang kuat dan kokoh sesuai tujuan penggunaannya di jalanan.

Varian helm ini sangat menguntungkan pengendara motor sport karena dapat mencegah pengguna kehujanan, kepanasan, terkena asap, dan polusi lainnya.

Tentu saja, helm ini sangat cocok dipakai oleh seorang pecinta motor yang hobi touring. Helm wajah penuh ini tidak jarang digemari oleh para anggota komunitas motor.

Helm dengan desain wajah penuh ini biasanya menggunakan kaca gelap sehingga pengendara tidak akan terkena silau cahaya. Selain over protektif, helm ini juga sangat sensitif. Dengan demikian, helm yang sangat sensitif ini perlu rajin dibersihkan agar pengendara selalu nyaman memakainya.

Helm Modular

Jenis berikutnya adalah helm modular. Jenis yang seperti ini desainnya hampir mirip dengan helm setengah wajah tapi fungsinya bisa menjadi helm full face. Helm modular cocok untuk pengendara motor yang gemar touring tapi tidak mau mengoleksi banyak helm karena cukup satu bisa untuk semua.

Harga helm modular ini juga lebih murah jika dibandingkan dengan helm sport karena desainnya yang lebih simpel.  Bagian luar dari helm  ini terbuat dari material kuat yang dibentuk sesuai dengan standar perlindungan organ-organ vital kepala.

Helm jenis ini biasanya dilengkapi alat atur otomatis untuk mengubah fungsi helm dari wujud normal menjadi helm touring atau sebaliknya. Kebanyakan, helm seperti ini dilengkapi dengan kaca mata gelap pelindung dari debu dan kerikil jalanan.

Helm yang multifungsi dan efisien ini memiliki kunci pengait di dagu yang sangat kuat. Namun, pada saat membeli helm ini, pastikan Anda memperhatikan kenyamanan dan keamanan saat helm digunakan. Pengendara bisa memilih helm yang nyaman sesuai ukuran kepalanya.

Helm Lintas

Varian helm yang terakhir adalah helm lintas. Helm lintas ini secara umum memiliki desain yang hampir mirip dengan helm wajah penuh. Helm lintas biasanya strukturnya lebih keras dan kuat dibandingkan helm-helm yang lainnya. Salah satu varian helm ini juga dilengkapi busa halus supaya pengendara nyaman.

Jenis seperti ini juga dikenal dengan helm cross karena biasanya digunakan oleh para pecinta motor cross. Helm ini memiliki bentuk yang menarik karena ada penutup atasnya yang mirip dengan topi. Helm lintas juga memiliki desain bagian dagu lebih panjang dari biasanya.

Helm cross memang khusus dibuat untuk pengendara motor cross karena membutuhkan perlindungan yang besar. Jenis ini dibuat lebih kuat dan tahan terhadap benturan karena landasan motor cross di jalan yang berliku dan berbatu terjal. Jenis helm ini bisa melindungi pengendara dari kemungkinan kecelakaan.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya