Tips & Trik

Terbaru, Begini Cara Cek Pajak Motor serta Syarat Bayarnya

PUBLISHED DATE : 25 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/nex_(1).jpg

Membayar pajak motor merupakan kewajiban bagi setiap pemilik kendaraan. Pajak motor pun juga harus dibayar tepat waktu, baik pajak tahunan maupun lima tahunan.

Nah untuk memudahkan Anda, berikut ada beberapa cara cek pajak motor dan cara membayar beserta persyaratannya.

Cara Mengecek Pajak Motor

Apakah Anda termasuk orang yang sering lupa membayar pajak kendaraan? Pajak sebaiknya dibayar tepat waktu agar tidak dikenai denda. Jadi Anda pun harus paham kapan batas maksimal pembayaran pajak ini, karena setiap kendaraan jadwalnya berbeda.

Baca Juga : Harus Lengkap, Ini Syarat Perpanjangan STNK Motor Dan Mobil

Oleh karena itu, supaya tidak lupa kapan waktu membayar pajak, berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara mengecek jumlah pajak motor dan batas waktunya.

  • Cara Cek Pajak Melalui Website

Perlu Anda ketahui, sistem pengecekan pajak kendaraan secara online sebenarnya belum tersedia di seluruh wilayah. Layanan cek pajak motor online baru tersedia di provinsi-provinsi besar, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, Aceh dan lain sebagainya.

Cara mengecek pajak motornya sendiri hampir sama di setiap wilayah. Perbedaannya hanya terletak pada alamat website yang disesuaikan dengan wilayah tempat tinggal Anda.

Baca Juga : Apa Itu Spakbor Pada Motor? Begini Fungsi dan Penjelasannya

Jika belum mengetahui website resmi Badan Pajak dan Retribusi Daerah di provinsi Anda, silahkan ketik Samsat PKB dan nama provinsi.

Jika layar HP sudah menampilkan halaman e-samsat sesuai provinsi Anda, silahkan isi semua formulir yang telah disediakan. Isi formulir secara lengkap dan benar. Nomor plat dan data-data kendaraan jangan sampai salah tulis.

Setelah semua data dipastikan benar, silahkan klik proses. Web kemudian akan segera memproses permintaan Anda.

  • Cara Cek Pajak Melalui Aplikasi

Baca Juga : Fungsi Ball Joint Suspensi dan Gejala Kerusakannya

Mengecek pajak motor online selain melalui situs resmi yang dimiliki oleh Badan Pajak dan Retribusi Daerah, juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Pajak Online merupakan aplikasi pajak resmi yang bisa Anda gunakan untuk mengecek pajak motor.

Unduh aplikasi tersebut melalui Play Store atau App Store. Setelah itu, buka aplikasinya dan masukkan data mengenai kendaraan motor Anda. Data-data yang diminta biasanya terkait berapa nomor plat dan di mana kota tempat motor terdaftar.

Jika semua data telah dimasukkan, permintaan akan segera diproses. Informasi yang didapatkan dari aplikasi ini nantinya berupa berapa jumlah uang yang harus dibayarkan dan kapan waktu terakhir pembayaran pajak tersebut.

  • Cara Cek Pajak Melalui SMS

Cara cek pajak motor tidak hanya melalui online saja. Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui SMS. Cara yang harus Anda lalukan juga cukup mudah, namun prosesnya memerlukan waktu yang lebih lama.

Silahkan ketik info (spasi) kode plat sesuai provinsi/nomor polisi/kode seri plat/warna motor. Kirim pesan tersebut ke nomor 08112119211.

Tunggu sekitar 5 menit. Setelah itu, Anda akan mendapatkan pesan balasan berisi berapa pajak yang harus dibayar beserta kapan jatuh temponya

nex__2_

Syarat Membayar Pajak Motor

Pajak yang wajib dibayar oleh setiap pemilik kendaraan ada dua macam. Keduanya adalah pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Syarat-syarat pembayaran kedua pajak tersebut tidak sama. Berikut ini syarat bayar pajak motor yang harus Anda penuhi.

  • Syarat Membayar Pajak Tahunan

Setelah mengetahui bagaimana cara cek pajak motor, tak lengkap rasanya jika tidak mengetahui apa saja syarat-syarat yang harus dilengkapi ketika hendak membayar pajak.

Syarat pertama adalah menyerahkan STNK asli dan fotokopi serta BPKB fotokopi ke petugas Samsat.

Jika kendaraan yang hendak dibayarkan pajaknya merupakan milik perusahaan dan atas nama perusahaan juga, maka wajib menyertakan fotokopi SIUP dan TDP, NPWP perusahaan dan domisili perusahaan.

Namun jika kendaraan tersebut adalah milik pribadi, maka pemilik hanya perlu membawa KTP asli dan yang sudah difotokopi. Nah jika hampir jatuh tempo namun pemilik kendaraan mempunyai halangan dan tidak bisa membayar pajak, maka boleh diwakilkan.

Ketika berada dalam kondisi yang demikian, pihak yang dimintai bantuan untuk mengurus pembayaran pajak tersebut harus membawa surat kuasa. Surat kuasa nantinya ikut dilampirkan bersama persyaratan yang lainnya.

Berbeda lagi jika motor atas nama sebuah perusahaan, maka surat kuasa harus disertai stempel resmi perusahaan tersebut.

Surat kuasa harus dibuat secara resmi beserta kop surat dan tanda tangan yang memberikan kuasa. Fotokopi KTP pihak yang memberikan kuasa juga ikut dilampirkan.

  • Syarat Membayar Pajak Lima Tahunan

Syarat yang harus dilengkapi ketika hendak membayar pajak lima tahunan hampir sama dengan syarat pajak tahunan, yaitu menyerahkan BPKB dan KTP asli dan fotokopi. Jika kendaraan adalah milik suatu perusahaan, maka harus disertakan SIUP, TDP dan NPWP perusahaan.

Selain itu, sertakan pula domisili perusahaan yang sudah difotokopi dan surat kuasa jika pembayaran pajak dilakukan oleh orang lain.

Surat kuasa harus dibuat secara jelas dan resmi, disertai kop surat dan tanda tangan pihak pemberi kuasa. Tak lupa juga fotokopi KTP pemberi kuasa ikut dilampirkan.

Setelah semua persyaratan tersebut telah dilengkapi, selanjutnya adalah cek fisik. Cek fisik merupakan persyaratan membayar pajak yang juga harus dipenuhi oleh siapa pun yang hendak membayar pajak lima tahunan.

Cara Membayar Pajak Motor

Cara membayar pajak motor baik tahunan maupun lima tahunan juga memiliki tahapan yang berbeda. Supaya lebih jelas, simak dengan seksama penjelasan berikut ini.

  • Cara Membayar Pajak Tahunan

Membayar pajak motor tahunan sangat cepat dan mudah. Anda hanya perlu datang ke kantor Samsat dengan membawa dokumen-dokumen persyaratan yang nantinya akan diserahkan ke petugas. Petugas Samsat selanjutnya akan memeriksa kelengkapan semua dokumen.

Jika semua data sudah dipastikan benar dan lengkap, Anda akan dipanggil untuk membayar pajak. Setelah pajak kendaraan tersebut dibayar lunas, petugas akan memproses STNK kendaraan Anda. Tunggu beberapa saat dan STNK yang baru bisa langsung Anda ambil.

  • Cara Membayar Pajak Lima Tahunan

Tahapan-tahapan yang harus ditempuh ketika membayar pajak tahunan memang terbilang cukup panjang.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mendatangi kantor Samsat yang ada di kota tempat tinggal Anda. Kemudian serahkan semua persyaratan kepada petugas yang ada di sana.

Setelah itu, petugas akan mengecek mesin dan nomor rangka. Pada tahap ini biasanya juga sekaligus dilakukan penggesekan nomor rangka di kertas khusus. Jika semua sudah selesai, bawa dokumen-dokumen persyaratan dan hasil cek fisik tersebut ke petugas legalisir.

Apabila semua dokumen sudah dilegalisir oleh petugas, silahkan Anda pergi ke loket pendaftaran. Setelah itu, serahkan semua dokumen ke petugas perpanjangan STNK 5 tahunan. Tunggu sampai nama Anda dipanggil untuk membayar pajak dan menerima STNK yang baru.

Setelah pajak 5 tahunan dibayarkan dan STNK baru telah diterima, tahapan yang terakhir adalah mengambil plat nomor yang baru. Ketika mengambil plat nomor ini Anda harus bersabar, karena prosesnya memerlukan waktu yang cukup lama.

Sebagai warga negara yang baik, janganlah lupa untuk membayar pajak sebelum tanggal jatuh tempo. Jika lupa tanggal berapa waktu membayar pajaknya, silahkan langsung melakukan pengecekan melalui cara-cara yang telah diuraikan di atas.

Berita Lainnya