Tips & Trik

Benarkah Bisa Dapat Lebih Banyak Kalau Isi Bensin di Malam Hari?

PUBLISHED DATE : 02 Agustus 2019

Benarkah Bisa Dapat Lebih Banyak Kalau Isi Bensin Di Malam Hari

Mungkin tidak sedikit dari Anda yang pernah mendengar atau mengetahui anggapan di kalangan pengendara kendaraan bermotor bahwa jika mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU saat malam hari, bisa mendapatkan volume bahan bakar yang lebih banyak ketimbang saat mengisinya di siang hari.

Alasan utama kenapa anggapan ini bisa muncul adalah karena karakter bahan bakar yang bisa lebih mudah menguap di siang hari. Apalagi jika bahan bakar tersebut ditempatkan di dalam tangki berbahan logam, efek pemuaiannya pun akan menjadi lebih cepat. 

Baca Juga : Tidak Sulit, Begini Cara Parkir Paralel Kendaraan yang Benar

Tapi apakah benar anggapan tersebut?

Secara prinsip, yang namanya cairan, baik itu air atau bahan bakar, bisa terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitar. Contoh sederhananya, air jika ditaruh di dalam kulkas akan menjadi dingin dan bisa juga akhirnya jadi beku. Jika dijemur di matahari maka akan bisa menjadi hangat dan jika panas terik bisa juga memuai. Begitu juga bahan bakar kendaraan, seperti bensin, jika  temperatur di lingkungan sekitar turun, maka ia akan ikut turun temperaturnya. Sebaliknya, jika temperaturnya tinggi akan ikut jadi hangat bahkan dalam keadaan panas terik ia bisa memuai.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya