Tips & Trik

Fungsi Filter Oli dan Waktu Yang Tepat Untuk Menggantinya

PUBLISHED DATE : 09 Juni 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/21284887_s.jpg

Masih banyak pemilik kendaraan bermotor yang mengabaikan saran teknisi untuk mengganti filter oli. Jika Anda salah satunya, maka perlu untuk memahami apa fungsi filter oli dan apa akibatnya jika tidak segera menggantinya tepat waktu. 

Oli merupakan pelumas yang dibutuhkan oleh semua jenis kendaraan bermesin. Bahkan mesin-mesin pabrik pun membutuhkan oli dan diganti secara berkala. Fungsi utamanya adalah untuk melumasi semua bagian-bagian mesin

Supaya perawatan kendaraan Anda lebih maksimal, kenali apa saja fungsi dari filter oli dan kapan waktu yang tepat untuk menggantinya berikut ini. 

Macam-Macam Fungsi Filter Oli 

Baca Juga : Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengisi BBM Kendaraan

Alasan servis menjadi mahal adalah masalah utama yang membuat banyak pengendara motor mengurungkan niat untuk mengganti filter oli. Tapi jika dibandingkan dengan dampak yang nantinya akan lebih menguras biaya lagi, mengganti filter oli tepat waktu sangatlah penting. 

Bagi Anda yang masih sering mengabaikan untuk mengganti filter oli harus tahu apa saja fungsinya. Berikut ini beberapa fungsi yang dimiliki filter oli dan tidak boleh disepelekan begitu saja. 

    1. Menyaring Kotoran pada Oli Mesin

Fungsi utama yang sangat penting adalah untuk menyaring segala macam kotoran dari oli. Oli mesin yang digunakan terus menerus akan mudah terkontaminasi dengan kotoran. Karena digunakan secara berulang maka kualitas oli pun akan menurun dengan adanya kontaminan. 

Baca Juga : Special Service Tool: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Untuk meningkatkan kinerja oli pada mesin kendaraan, maka saringan oli dibutuhkan. Dengan begitu kontaminan seperti karbon, gram besi atau kotoran lainnya tidak bercampur dengan mesin di dalamnya. 

Semua zat kontaminan akan terpisah dan oli yang digunakan untuk melumasi bagian-bagian mesin akan bekerja dengan lebih baik. 

    2. Perawatan Komponen dalam Mesin

Fungsi filter oli yang lainnya adalah bekerja sebagai alat yang merawat komponen lainnya. Bayangkan saja jika filter oli sudah rusak dan tak mampu lagi menyaring kotoran atau gram besi. Akibatnya semua kotoran tersebut akan masih ke dalam mesin. 

Baca Juga : Water Hammer: Pengertian, Efek dan Cara Mengatasinya

Mesin akan cepat rusak dan kinerja motor pun akan terganggu. Jangan kaget jika mesin mendadak rusak bahkan Anda harus mengganti salah satu komponennya dengan biaya lebih banyak lagi. Hal ini tak hanya berlaku pada motor, tetapi juga mobil. 

    3. Melancarkan Suplai Oli

Pendistribusian oli mesin pada motor atau mobil saat kendaraan menyala juga harus tetap terjaga. Performa kendaraan akan sangat terganggu ketika suplai oli mengalami masalah dan tidak maksimal dalam melumasi mesin. 

Mesin akan cepat aus karena gesekan yang terlalu berlebihan. Contohnya saja komponen rocker arm, cam shaft dan masih banyak yang lainnya. Anda tentu tak ingin mesin tidak melakukan pembakaran sempurna karena komponen mesin yang rusak. 

Inilah fungsi filter oli yang perlu dipahami, jadi Anda tidak boleh meremehkannya lagi ketika teknisi menyarankan untuk menggantinya. Biasanya teknisi akan memberikan saran penggantian di jadwal servis berikutnya jadi Anda bisa mempersiapkan dana sebelumnya.

86262615_s

Cara Merawat Filter Oli agar Kinerjanya Maksimal 

Sebagai pengendara kendaraan bermotor juga harus paham bagaimana perawatan filter oli agar usianya lebih panjang dan kinerjanya maksimal. Jika filter oli lebih awet otomatis Anda tidak perlu menggantinya terlalu sering. 

Apa saja yang perlu Anda lakukan dalam perawatan motor agar fungsi filter oli bisa maksimal? 

    1. Membersihkannya secara rutin

Mengingat fungsinya sebagai penyaring, otomatis akan banyak kotoran yang menempel pada filter. Setiap kali sedang servis Anda bisa mengingatkan teknisi untuk membersihkan filter oli. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya