Tips & Trik

Simak, Ini Cara Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

PUBLISHED DATE : 23 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/14__Nexcroos_(2).jpg

V-belt yang aus menyebabkan tutup CVT sering tergesek oleh belt. Akibatnya, motor akan terdengar suara seperti kretek-kretek. Sama seperti kendurnya rantai.

Tips Menghaluskan Suara Mesin Motor Matic

14._Nexcroos__1_

Setelah mengetahui apa penyebab mesin motor terdengar kasar, sekarang waktunya menerapkan cara menghaluskan suara mesin motor matic tersebut. Setidaknya, ada beberapa langkah yang harus Anda tempuh agar mesin terdengar lebih halus. Berikut cara-caranya.

 

  • Cari Baut yang Mengendur dan Kencangkan

 

Langkah pertama yaitu mencari dimana saja baut yang mengendur dan segera kencangkan. Baut bisa saja mengendur karena terkena getaran saat motor digunakan. 

Apalagi ketika motor bersuara kasar, pasti getaran yang ditimbulkan juga semakin keras.

Oleh karena itu, cari baut-baut yang mengendur dan kencangkan. Dengan demikian, suara mesin motor matic akan terdengar lebih halus.

 

  • Cek dan Ganti Roller dengan yang Baru

 

Melakukan pengecekan rutin pada roller juga perlu dilakukan. Apabila Anda mendapati kondisi roller sudah tidak bulat, segera ganti dengan yang baru.

Jangan menunda dan acuh dengan permasalahan ini, mengingat roller memiliki fungsi yang sangat penting pada motor.

  • Ganti dan Tambah Oli Secara Rutin

Pengecekan oli juga penting dilakukan secara rutin untuk memastikan kondisinya. Apabila oli terlihat kotor, segera ganti dengan yang baru. Namun, apabila oli masih bagus namun volumenya kurang, maka segera tambah jumlahnya.

Oli merupakan komponen terpenting pada kendaraan karena berguna sebagai pelumas mesin.

Tanpa adanya oli, beberapa komponen mesin pasti akan cepat mengalami aus. Nah, agar mesin tetap terdengar halus, upayakan agar volume tidak kurang dan keadaannya bagus.

  • Sebaiknya Gunakan Bahan Bakar yang Bagus dan Sesuai

Penggunaan bahan bakar yang berkualitas bagus dan sesuai sangat dianjurkan agar mesin motor terdengar lebih halus. 

Pasalnya, motor yang menggunakan bensin dengan kualitas rendah akan mengakibatkan proses pembakaran tidak sempurna.

Keadaan semacam ini tentu sangat tidak baik untuk kendaraan Anda. Oleh karena itu, pastikan bahwa bahan bakar yang Anda gunakan berkualitas bagus dan memenuhi standar.

  • Merawat CVT Secara Rutin

Sebagaimana yang telah diketahui, CVT yang bermasalah juga menjadi penyebab motor terdengar kasar. Oleh karena itu, perawatan rutin pada CVT harus dilakukan. Apabila CVT terlihat kotor, maka Anda harus segera membersihkannya.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya