Tips & Trik

Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia? Ini Sejarahnya

PUBLISHED DATE : 24 Agustus 2021

22  Xl7 (1)

Siapa penemu mobil pertama di dunia? Tidak semua orang tahu penemu mobil yang sebenarnya. Padahal saat ini kendaraan roda empat sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Desain kabin dengan fitur AC dan keamanan bisa didapatkan dengan mudah. 

Mobil juga memiliki berbagai desain menarik dengan variasi tenaga penggerak. Ada dua jenis mobil sesuai dengan bahan bakarnya yaitu mobil dengan tenaga bensin dan mobil listrik. Keduanya saat ini bersaing di pasaran. 

Namun tahukah Anda, jauh sebelum diciptakannya mobil dengan bahan bakar bensin oleh Karl Benz, sudah ada mobil yang diciptakan. Yuk kenali sejarah lengkapnya. 

Sejarah Mobil yang Dimulai dari Mobil Bertenaga Uap

Pada tahun 1769 lah sebenarnya asal usul mobil mulai tercetuskan. Nicolas J Cugnot, seorang ilmuwan Perancis menciptakan kendaraan dengan roda 3 berukuran besar. Kendaraan tersebut diciptakan untuk mengangkut meriam yang membantu perang. 

Berawal dari kebutuhan militer itulah, mobil pun diciptakan oleh ilmuwan lainnya. Konsep yang diciptakan oleh Nicolas ini cukup menarik, walaupun dalam prakteknya masih banyak memiliki kekurangan. 

Nicolas menciptakan kendaraan tersebut karena terinspirasi dari kereta kuda yang memiliki ban. Ide tersebut menarik perhatian banyak ilmuwan untuk bisa lebih mengembangkannya. Masih dengan tenaga penggerak berupa uap, James Watt pun di tahun 1784 menciptakan kendaraan sejenis. 

Tak hanya itu saja, masih ada Richard Trevenick yang di tahun 1830 menciptakan mobil tenaga uap dengan kecepatan 20 km/ jam. Sampai pada akhir abad ke 19 mobil dengan tenaga uap terus banyak diciptakan. 

Hanya saja semua kendaraan tersebut memiliki kelemahan besar, yaitu masalah sering meledak. Namun kemajuannya adalah bunyi mesin yang lebih halus tanpa menciptakan asap tebal seperti uap pada kereta api. 

Baca Juga : Fungsi Lampu Tembak Mobil dan Etika Menggunakannya

Perubahan mobil dengan tenaga uap pun berubah di pertengahan abad ke-19. Di mana Joseph E. Lenoir, insinyur dari Perancis menciptakan kendaraan dengan bahan bakar campuran yaitu batu bara dan gas dan udara pada tahun 1860. 

Mobil Berbahan Bakar Bensin di Era Modern 

Era dari mobil dengan bahan bakar uap pun berakhir ketika Karl Benz seorang wara Jerman di tahun 1886 menciptakan mobil dengan tenaga bensin. Inspirasi dari Karl sendiri berasal dari pengalamannya yang sering menggunakan sepeda gayung ketika bepergian. 

Karl berpikir bagaimana sepedanya bisa berjalan tanpa harus mengayuh. Dari situlah mobil di era modern pun diciptakan dan desain yang dimilikinya masih mirip dengan sepeda roda tiga. 

Sebagai penemu mobil pertama dengan bahan bakar bensin, Karl tidak langsung berhasil. Pada saat uji coba mobil yang pertama kali, yaitu Benz Patent Motorwagen masih banyak kekurangan. 

Mobil yang diciptakannya tidak memiliki gigi sehingga tidak bisa dikontrol. Alhasil pada saat uji coba, mobil tersebut menabrak dinding. Publik pun takut untuk bisa mengendarai mobil ciptaannya. 

Pada saat yang bersamaan, penemu mobil dengan bahan bakar bensin lain yaitu Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Stuttgart juga mengembangkan proyek yang mirip. Hanya saja Karl Benz lebih cepat, dan di tahun 1879 Karl telah menyelesaikan penemuan mobil dan mematenkannya. 

Setelah Karl, ada juga George B Selden yang berhasil menciptakan mobil dengan mesin dua stroke di tahun 1895. Hanya selang beberapa tahun saja, ada beberapa jenis mobil yang saling bersaing yaitu tenaga uap, bensin dan juga listrik. 

Hanya saja mobil dengan bahan bakar bensin yang lebih terkenal dan banyak digunakan masyarakat. Apalagi ditambah penemu mobil dengan mesin hybrid pertama yaitu Ferdinand Porsche. 

Di bulan Januari 1907, Ferdinand menciptakan Lohner Porsche Mixte Hybrid. Setelah itu pada tahun 1902 mobil diproduksi dengan skala yang lebih besar dengan harga terjangkau oleh Oldsmobile. 

Pada tahun 1910, Henry Ford pun berperan besar untuk mengembangkan mobil-mobil dari Eropa. Apabila dilihat dari sejarahnya sebenarnya penemu mobil pertama kali adalah Nicolas J Cugnot yang mencetuskan ide kendaraan pengangkut meriam. 

Hanya saja, Karl Benz sang penemu mobil dengan bahan bakar bensin terus mengembangkan mobil yang diciptakannya. Insinyur yang berasal dari University Karlsruhe inilah yang tidak pernah berhenti menciptakan mobil. 

Bahkan setelah kegagalan demonstrasi pertamanya kepada publik, Karl terus memperbaiki kekurangan dari mesin mobil ciptaannya. Hingga suatu saat Bertha Benz, sang istri yang diam-diam mengendarai Benz Patent Motorwagen yang telah diperbaiki. 

Mobil yang dikendarai oleh istrinya tersebut itulah yang menjadi titik awal kesuksesan Benz hingga terkenal sampai saat ini.

22._xl7__2_

Mengenal Lima Mobil Tertua di Dunia Sepanjang Masa

Sudah mengenal penemu mobil dari tenaga uap sampai bahan bakar bensin, Anda tentu penasaran seperti apa wujud dari mobil-mobil tersebut bukan? Yuk kenali jenis-jenisnya dan bagaimana mesin yang digunakan. 

  • Cugnot Fardier

Nama mobil ini sama dengan nama penemunya yaitu Nicolas Joseph Cugnot. Mobil yang pertama di dunia ini disebut dengan self propelled dan bisa digunakan untuk mengangkut manusia.

Sebelum mobil ini diciptakan, Ferdinand Verbiest di tahun 1672 memperkenalkan rancangan mobil dengan tenaga uap. Hanya saja dimensi dari rancangan tersebut terlalu kecil sehingga sulit untuk dibangun apalagi dikendarai. 

Selain itu juga terdapat masalah konversi gerak maju mundur dan bolak balik untuk memutar roda.

Baca Juga : Banyak Yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Sebenarnya

Cugnot yang seorang insinyur Angkatan Darat pun berhasil memecahkannya. Di tahun 1769, Cugnot menciptakan prototipe dari kendaraan tersebut dengan tiga roda pelek besi. 

Hanya saja mobil tersebut akan berhenti setiap 10 hingga 12 menit untuk membangun tekanan uap. Kendaraan pertama ini memiliki top speed 1 mph atau 1,6 km per jam. Mobil pertama ini kini berada di museum Musee des Arts et Metiers di Perancis. 

  • La Marquise

Mobil ini juga dibuat oleh orang Perancis pada tahun 1884 yaitu De Dion, Bouton dan Pardoux. Bahan bakar La Marquise menggunakan kayu, batu bara dan juga potongan kertas. 

Supaya bisa bergerak, dibutuhkan waktu 30 hingga 40 menit untuk membangun uap. Top speednya kala itu adalah 61 km per jam. Perkembangan yang cukup pesat dibandingkan pendahulunya. 

Selain itu, La Marquise juga jadi mobil dengan nomor balap 0 di ajang balapan London to Brighton Veteran Car Run pada tahun 1996. 

  • Benz Patent Motorwagen

Inilah mobil mahakarya dari Karl Benz yang menggunakan tenaga bensin dan diciptakan tahun 1885 dan baru dipatenkan tahun 1886. Kendaraan yang dibangun ini menggunakan mesin sentrifugal dengan kapasitas 954 cc. 

Awalnya Karl Benz menggunakan bahan bakar ke mesin melalui penguapan. Selain itu ia menambahkan karburator di model selanjutnya. Penambahan sepatu rem kulit pun dilakukan tahun 1887. 

Ada tiga jenis roda besar yang digunakan seperti mobil pada umumnya kala itu. Kapasitas bahan bakarnya sendiri masih cukup kurang. Setiap  200 km dibutuhkan 10 liter bensin untuk bisa menggerakannya. 

Inilah sejarah dari para penemu mobil yang saat ini jadi kendaraan terbanyak digunakan oleh manusia. Bahkan perkembangannya pun masih terus terjadi. 




Berita Lainnya