Tips & Trik

Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia? Ini Sejarahnya

PUBLISHED DATE : 24 Agustus 2021

22  Xl7 (1)

Nama mobil ini sama dengan nama penemunya yaitu Nicolas Joseph Cugnot. Mobil yang pertama di dunia ini disebut dengan self propelled dan bisa digunakan untuk mengangkut manusia.

Sebelum mobil ini diciptakan, Ferdinand Verbiest di tahun 1672 memperkenalkan rancangan mobil dengan tenaga uap. Hanya saja dimensi dari rancangan tersebut terlalu kecil sehingga sulit untuk dibangun apalagi dikendarai. 

Selain itu juga terdapat masalah konversi gerak maju mundur dan bolak balik untuk memutar roda.

Cugnot yang seorang insinyur Angkatan Darat pun berhasil memecahkannya. Di tahun 1769, Cugnot menciptakan prototipe dari kendaraan tersebut dengan tiga roda pelek besi. 

Hanya saja mobil tersebut akan berhenti setiap 10 hingga 12 menit untuk membangun tekanan uap. Kendaraan pertama ini memiliki top speed 1 mph atau 1,6 km per jam. Mobil pertama ini kini berada di museum Musee des Arts et Metiers di Perancis. 

  • La Marquise

Mobil ini juga dibuat oleh orang Perancis pada tahun 1884 yaitu De Dion, Bouton dan Pardoux. Bahan bakar La Marquise menggunakan kayu, batu bara dan juga potongan kertas. 

Supaya bisa bergerak, dibutuhkan waktu 30 hingga 40 menit untuk membangun uap. Top speednya kala itu adalah 61 km per jam. Perkembangan yang cukup pesat dibandingkan pendahulunya. 

Baca Juga : Banyak Yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Sebenarnya

Selain itu, La Marquise juga jadi mobil dengan nomor balap 0 di ajang balapan London to Brighton Veteran Car Run pada tahun 1996. 

  • Benz Patent Motorwagen

Inilah mobil mahakarya dari Karl Benz yang menggunakan tenaga bensin dan diciptakan tahun 1885 dan baru dipatenkan tahun 1886. Kendaraan yang dibangun ini menggunakan mesin sentrifugal dengan kapasitas 954 cc. 

Awalnya Karl Benz menggunakan bahan bakar ke mesin melalui penguapan. Selain itu ia menambahkan karburator di model selanjutnya. Penambahan sepatu rem kulit pun dilakukan tahun 1887. 

Ada tiga jenis roda besar yang digunakan seperti mobil pada umumnya kala itu. Kapasitas bahan bakarnya sendiri masih cukup kurang. Setiap  200 km dibutuhkan 10 liter bensin untuk bisa menggerakannya. 

Inilah sejarah dari para penemu mobil yang saat ini jadi kendaraan terbanyak digunakan oleh manusia. Bahkan perkembangannya pun masih terus terjadi. 




Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya