Masalahkan Jika Setir Mobil Bergetar Tanpa Sebab Saat Mengemudi
28 September 2025
Admin

Bagikan
Getaran pada setir biasanya bukanlah masalah yang berdiri sendiri, melainkan gejala dari kondisi komponen lain yang sudah mulai aus atau mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa penyebab utamanya yang perlu Anda waspadai:
1. Ban Tidak Seimbang atau Aus
Ini adalah biang kerok yang paling umum. Ketika ban Anda tidak seimbang, distribusi berat pada roda menjadi tidak merata. Saat berputar cepat, ketidakseimbangan ini memicu getaran yang langsung terasa hingga ke setir.
Selain itu, ban yang sudah aus atau tapaknya tidak rata (seperti yang terjadi pada ban yang sudah botak atau mengalami feathering) juga kehilangan kemampuannya untuk bergulir dengan mulus, sehingga menimbulkan getaran.
2. Velg Bengkok atau Penyok
Jalanan berlubang adalah musuh utama velg. Benturan keras, terutama dalam kecepatan, dapat membuat velg mobil Anda penyok atau bahkan sedikit bengkok.
Velg yang sudah tidak bulat sempurna ini akan menciptakan putaran yang tidak stabil, yang pada akhirnya menyebabkan setir mobil bergetar, seringkali getarannya semakin kencang seiring dengan meningkatnya kecepatan.
3. Tekanan Angin Ban Kurang
Ban yang kekurangan angin memiliki area permukaan yang lebih luas yang menyentuh jalan.
Hal ini tidak hanya membuat mobil terasa berat dan boros bahan bakar, tetapi juga dapat menyebabkan ban menjadi tidak stabil dan bergetar karena dinding samping ban (sidewall) tidak mampu menahan beban dengan optimal.
4. Sistem Suspensi Rusak
Baca Juga : Jangan Anggap Remeh! Ini Fungsi dan Manfaat Alarm Mobil
Suspensi dirancang untuk menyerap guncangan dari jalan. Komponennya seperti shock absorber, ball joint, atau tie rod yang sudah aus parah tidak lagi bisa melakukan tugasnya dengan baik.
Getaran dari jalan yang seharusnya diserap justru diteruskan langsung ke bodi mobil dan setir, membuat berkendara terasa kasar dan bergetar.
5. Piringan Rem Tidak Rata atau Aus
Jika getaran pada setir justru terasa sangat kuat saat Anda menginjak rem, kemungkinan besar masalahnya ada pada piringan cakram rem (disc brake).
Piringan rem yang sudah tidak rata (melengkung akibat panas berlebih) akan menyebabkan kamprem menjepit secara tidak konsisten, menciptakan getaran yang terasa jelas di pedal rem dan setir.
6. Tie Rod Aus atau Longgar
Tie rod adalah komponen vital yang menghubungkan setir Anda ke roda. Jika komponen ini sudah aus atau longgar, akan terjadi free play atau jarak bebas yang menyebabkan roda depan menjadi tidak stabil dan menimbulkan getaran, terutama saat menikung atau melewati jalan yang tidak rata.
7. Gangguan pada Injektor
Perlu dibedakan, jika getaran terjadi saat mobil diam dan mesin menyala, masalahnya mungkin bukan pada roda melainkan pada mesin.