Tips & Trik

Sejarah Sukses Suzuki Di Ranah Industri Otomotif

PUBLISHED DATE : 30 November 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Nov-Blog-2.jpg

Di industri otomotif, Suzuki tercatat sebagai salah nama yang ikut andil dalam perkembangan transportasi dunia. Tak hanya menghadirkan armada transportasi baik itu mobil, sepeda motor, hingga mesin kapal sesuai dengan kebutuhan masyarakat, Suzuki juga terus berinovasi dalam menghadirkan alat transportasi dengan teknologi yang semakin baik dari waktu ke waktu. Di balik kisah suksesnya, perjalanan Suzuki tentunya panjang dan tidak mudah. Mari menilik sejenak sejarah perjalanan pabrikan otomotif asal negeri sakura ini. 

Berawal Dari Pabrik Mesin Tenun

Suzuki berdiri pada tahun 1909, diprakarsai oleh seorang pengusaha bernama Michio Suzuki. Di usia mudanya yaitu, 22 tahun Michio mengawali langkah industri ini dengan membuat produk yang tergolong unik pada saat itu. Sosok yang dibesarkan di tengah keluarga petani kapas ini membuat sebuah mesin tenun dari kayu dengan sistem pedal dan memasarkannya secara massal pada tahun 1909 di bawah naungan nama pabriknya yaitu Suzuki Loom Works.  Keuletan serta kondisi Jepang yang saat itu merupakan salah satu negara pengekspor kain terbesar di dunia, membuat mesin tenun kayu berpedal ciptaannya laris manis. Pada tahun 1920 Michio berhasil membawa perusahaannya melantai di bursa saham dengan Suzuki Loom Manufacturing Company (SLMC). Sebuah perusahaan yang mengembangkan perkakas serta peralatan tenun menenun.

Baca Juga : Rekomendasi Oli Untuk Mobil MPV

Seiring jalannya waktu, serta kecanggihan teknologi pada industri garmen mesin tenun yang awalnya laris, kini mulai ditinggalkan. Penjualan kian menurun secara kuantitas dengan signifikan. Michio Suzuki kemudian mempertombangkan untuk membanting setir untuk membuat sebuah produk  otomotif. Baginya ini merupakan peluang besar, apalagi saat itu warga Jepang masih mengandalkan mobil-mobil impor tapi belum ada yang benar-benar menjawab selera pasar, yaitu produk mobil dengan harga terjangkau yang ringan, irit dan efisien. Singkat kata di tahun 1938, bersama timnya Michio membuat prototype mobil pertamanya yang dibuat berdasarkan mobil Eropa, Austin Seven. Sayangnya proyek ini harus terbengkalai akibat terjadinya perang dunia kedua. 

Terkena Dampak Dari Perang Dunia

Dampak dari perang membuat Michio harus memulai usahanya dari nol, mulai dari pabrik yang hancur akibat peperangan dan gempa bumi serta pabrik mesin tenun yang harus tutup akibat kian menurunnya permintaan dari industri tekstil. Namun Ia tak kehilangan akal, Michio melihat peluang baru di mana dia mengamati sekitar 1 juta orang Jepang yang kehilangan akses transportasi sederhana. Kemudian ia memiliki ide untuk membuat mesin yang bisa ditempel di sepeda dan mengubah sepeda biasa menjadi kendaraan bermotor. 

Baca Juga : Wajib Catat! Panduan Darurat Ketika Mobil Mati Mendadak

Ide Menciptakan Sepeda Motor Pertama

Ide ini resmi terwujud pada tahun 1952 dengan dikeluarkannya sepeda motor dengan mesin pertama keluaran Suzuki yang bertajuk “Power Free”. Suzuki Loom Manufactured Company pun kemudian berganti menjadi Suzuki Motors Ltd. Kesuksesan produk ini membuat Suzuki mendapatkan subsidi untuk melakukan riset sepeda motor dari Kantor Hak Paten. Usaha Michio Suzuki pun kian berkembang, dengan hadirnya “Power Free” dengan daya mesin yang semakin meningkat, yaitu 60cc. Produk buatan Michio Suzuki ini laris manis di pasaran, perbulannya angka produksi bisa melebihi 5 ribu sepeda motor.

Mulai Merambah Industri Mobil

Baca Juga : Tidak Sama, Ini Bedanya Modifikasi dan Custom Kendaraan

Tak berhenti di situ, Suzuki juga terus berinovasi dengan meluncurkan sepeda motor “Diamond Free” pada tahun 1953 dan juga “Mini Free” di tahun 1954. Hingga pada Juni 1954 Suzuki akhirnya mulai merambah produksi sepeda motor pertamanya yaitu “Colleda”. Tak hanya sepeda motor, kemudian Suzuki juga merilis mobil yang jadi cikal bakal mobil penumpang  Suzuki dengan nama 'Suzulight”

Suzuki memulai masa keemasan dengan kendaraan roda empat di tahun 1979 dengan hadirnya  Suzuki Alto. Suzuki bahkan menempati peringkat ketujuh sebagai mobil produksi  Jepang terlaris saat itu dengan kehadiran  Suzuki Alto. Di tahun 1988,  Suzuki merilis Vitara sebuah mobil compact SUV lalu dilanjutkan dengan Wagon R. Wagon R merupakan mobil tall wagon mini pertama yang diluncurkan pada tahun 1993. 

Hingga saat ini Suzuki masih terus berinovasi dengan menghadirkan teknologi-teknologi baru yang semakin canggih dan ramah lingkungan. Salah satunya adalah menghadirkan teknologi smart hybrid yang jadi produk unggulan kebangaan Suzuki dan juga sangat diminati oleh pecinta otomotif baik di Indonesia, maupun dunia.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Sept-Blog-10-(2).jpg

Rekomendasi Oli Untuk Mobil MPV

Memiliki mobil MPV tentunya membawa keuntungan tersendiri. Sesuai dengan namanya yaitu Multi Purpose Vehicle alias kendaraan multi fungsi, tak hanya muat banyak penumpang sehingga ...

selengkapnya