Tips & Trik

Power Window Macet? Intip Cara Mengatasinya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/power_window_macet.jpg

Power window merupakan salah satu bagian dari mobil yang menambah kenyamanan bagi pengendaranya. Namun, masalah yang kerap terjadi ialah ketika mengalami kemacetan, jendela mobil akan sulit dibuka atau ditutup.

Ada beberapa hal yang menyebabkan power pada jendela tersebut mendadak macet. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara mengatasi dan perawatannya agar tidak mudah macet.

Cara Mengatasi Power Window yang Mendadak Macet

Pada awalnya, untuk membuka kaca mobil bisa menggunakan sebuah engkolan yang ada di door trim. Namun, seiring perkembangan yang terjadi di dunia otomotif, sekarang hampir semua mobil menggunakan fitur power window untuk menaik turunkan kaca mobil.

Baca Juga : Mobil Warna Putih Tetap Kinclong? Ini Tipsnya

Meskipun lebih mudah dioperasikan, power juga sering mendadak mengalami kemacetan. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasi power window macet, pahami dulu apa penyebabnya. Berikut beberapa hal yang menyebabkan power macet dan cara mengatasinya.

  • Switch atau Saklar Mengalami Kerusakan

Saklar yang ada pada mobil berbeda dengan saklar pada lampu atau yang lainnya. Saklar tersebut lebih rumit, karena dalam satu saklar memiliki tiga perintah, yakni window down, window up dan juga off. Sedangkan saklar pada umumnya memiliki dua perintah, yaitu on dan off.

Ketika dalam perjalanan, terkadang pengguna sering menaik turunkan kaca mobil hingga berkali-kali. Hal tersebut dapat mempengaruhi masa pakai saklar. Ketika saklar mengalami kerusakan, kaca mobil akan mengalami kemacetan dan tidak bisa dinaik turunkan.

Baca Juga : Fungsi dan Cara Memperbaiki Lampu Sein Mobil Mati Total

Mungkin awalnya saklar masih bisa digunakan, namun terkadang tidak terhubung. Jika dibiarkan, saklar bisa benar-benar rusak dan tidak berfungsi sehingga kaca mobil tidak bisa digerakkan. Ketika hal tersebut terjadi, cara mengatasinya adalah dengan mengganti saklar yang rusak.

  • Motor Penggerak Yang Sudah Aus

Mobil yang menggunakan elektrik power pasti menggunakan motor listrik sebagai penggerak utamanya. Seperti motor listrik yang lain, motor listrik ini juga bisa mengalami kerusakan.

Brush atau yang disebut juga dengan sikat motor merupakan bagian yang sering mengalami kerusakan. Sikat tersebut fungsinya untuk menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar. Rotor yang selalu berputar, tentu ia akan terus bergesekan dengan brush.

Baca Juga : Perlu Tahu, Ini Cara Hilangkan Bau Rokok di Mobil

power_window_mobil

Gesekan yang terjadi tersebut secara berangsur akan mengikis sikat motor. Brush akan menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, motor akan macet dan kaca tidak bisa digerakkan.

Biasanya, kaca yang mengalami kemacetan hanya pada satu pintu. Dalam hal ini, jika power bagian depan yang kiri macet, Anda bisa mencoba untuk naik turunkan dengan saklar yang ada di sisi pengemudi. Jika kaca sama sekali tidak bergerak, berarti motornya yang mengalami kemacetan.

Namun, jika power windows macet, tapi kaca mobil bisa dinaik turunkan dengan saklar yang ada di sisi pengemudi, berarti saklarnya lah yang mengalami kerusakan.

Solusinya hampir sama ketika saklar mengalami kerusakan. Mobil harus mengganti brush yang aus. Namun, terkadang sulit mencari komponen brush sehingga bengkel resmi biasanya menyarankan agar mengganti satu set motor power window.

  • Rel Kaca Mobil Terlalu Kotor

Rel kaca mobil rentan terkena kotoran, baik berupa debu maupun kotoran cair. Ketika rel kaca terkena kotoran, hal tersebut dapat mengganggu pergerakan kaca mobil. Rel kaca yang terlalu kotor akan menimbulkan bunyi ketika kaca dinaik turunkan.

Apabila kotoran tersebut dibiarkan dan bertambah parah, kaca mobil akan mengalami kemacetan karena tertahan oleh kotoran yang ada pada relnya. Permasalahan seperti ini mungkin disepelekan, tapi jika dibiarkan bisa merusak komponen yang lain.

Cara mengatasi kaca mobil yang macet karena debu ialah dengan menyemprotkan silikon spray ke sela-sela rel kaca. Semprotan silikon akan bekerja dengan baik membersihkan kotoran yang ada pada rel kaca mobil.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya