Tips & Trik

Perbedaan Antara Ban Tubeless dan Ban Biasa

PUBLISHED DATE : 11 Maret 2024

Bant Motor

Ban tubeless menjadi pilihan populer berkat sejumlah karakteristik unggulannya. Pertama, ban ini tidak memiliki tabung dalam, yang mengurangi risiko kebocoran mendadak dan memberikan keamanan ekstra saat berkendara. Selain itu, saat terjadi tusukan, ban tubeless cenderung kehilangan udara secara perlahan, memberikan waktu bagi pengemudi untuk mengatasi masalah tanpa kehilangan kendali penuh. 

Fleksibilitasnya dalam menghadapi tekanan udara yang berubah-ubah juga membuatnya cocok untuk berbagai kondisi jalan. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang karakteristik-karakteristik ini, memberikan pemahaman mendalam kepada pembaca mengenai keunggulan ban tubeless dalam menjaga kinerja dan keselamatan kendaraan mereka.

Karakteristik Ban Biasa

Baca Juga : Ternyata Ini Ciri Tutup Radiator Rusak & Penyebabnya

Berbeda dengan ban tubeless, ban biasa, atau bias-ply, masih menggunakan tabung dalam yang mengandung udara. Kekuatan dan kestabilan ban ini berasal dari lapisan karkas berbentuk serat yang diletakkan secara diagonal, memberikan kekuatan ekstra pada ban. 

Meskipun lebih rentan terhadap kebocoran akibat tusukan, ban biasa memiliki kelebihan dalam kekuatan beban dan tahan terhadap beban samping. Artikel ini akan menguraikan secara rinci karakteristik-karakteristik ini, membantu pembaca memahami keunggulan dan batasan ban biasa serta membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan kendaraan mereka.

Perbandingan Kinerja

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

RPM Mobil

Mengenal Lebih Dalam RPM Mobil

RPM memiliki peranan sentral dalam kendaraan, terutama pada mobil. RPM mobil adalah indikator utama kecepatan dan intensitas kerja mesin, mempengaruhi akselerasi, kecepatan maksimu...

selengkapnya