Tips & Trik

Perbedaan 3 Jenis Rem Cakram: Fix, Semi Floating & Floating

PUBLISHED DATE : 27 Februari 2020

Satria BLUEGP

Dalam menunjang keselamatan berkendara banyak motor keluaran terbaru yang sudah dilengkapi dengan system pengereman Disk Brake atau biasa disebut cakram. Rem cakram sendiri terbagi menjadi tiga jenis yaitu Fix, Semi Floating dan Floating. Apa sih perbedeaannya?

Kita mulai dari yang pertama yaitu rem cakram jenis Fix, cakram jenis ini banyak di gunakan motor yang ber cc kecil dibawah 150 dengan ciri cakram yang langsung menyatu dengan velg. Rem cakram fix ini yang termurah diantara rem cakram lainnya oleh karena itu motor ber cc kecil pasti memakai rem jenis ini, kegunaannya juga sangat baik di kondisi tertentu namun jika cakra mini terlalu panas akan menimbulkan sedikit masalah karena cakra mini tidak dapat memuai atau mengambang.

Baca Juga : Tanda-tanda Ban Mobil Sudah Waktunya untuk Diganti

Untuk jenis cakram yang kedua Semi Floating, biasa dipakai oleh motor cc besar skala 250cc ke atas jenis rem cakram Semi Floating ini berbeda dengan cakram Fix yang meyatu dengan velg, model Semi Floating antara cakram dan dudukannya terpisah dengan velg jadi bagian luarnya menjadi mengambang.

Dan yang terakhir jenis cakram Floating, jenis cakram ini pada umumnya di gunakan untuk kepentingan balapan. Komponennya terdiri dari rotor carrier, float buttons dan brake rotor. Yang dimana juga desain Floating seperti ini berguna untuk mencegah cakram tidak penyok saat ada gesekan yang menimbulkan suhu panas yang tinggi saat proses pengereman dalam intensitas yang tinggi.

Berita Lainnya