Tips & Trik

Pentingnya Segitiga Pengaman Mobil untuk Keselamatan di Jalan

PUBLISHED DATE : 16 Juni 2023

Segitiga Pengaman

Sumber: freepik

Jarak ini penting untuk memastikan bahwa segitiga pengaman dapat terlihat dengan jelas oleh pengendara lain. Dengan begitu, mereka memiliki waktu yang cukup untuk bereaksi dan menghindari kendaraan yang mengalami masalah.

Jarak ini juga memastikan bahwa ada ruang yang cukup bagi pengendara untuk menghindari kendaraan yang berhenti jika perlu.

Untuk kondisi jalan yang ramai dan lancar, jarak pemasangan segitiga ini bisa diperluas hingga sekitar 10 meter dari kendaraan. Sementara itu, pada jalan tol, jarak ini bisa mencapai hingga 100 meter.

Tujuannya adalah untuk memberikan ruang yang cukup bagi kendaraan yang melaju dengan kecepatan tinggi untuk melakukan pengereman atau manuver penghindaran jika diperlukan.

Cara Memasang Penanda Segitiga yang Sesuai

Pemasangan segitiga pengaman ini harus dilakukan dengan benar untuk memastikan efektivitasnya. Berikut adalah langkah-langkah yang harus diikuti:

 

  • Posisi Segitiga

 

Baca Juga : Pentingnya Mengatur Suhu AC Mobil saat Berkendara di Malam Hari

Segitiga keselamatan harus diletakkan di belakang dan depan mobil yang berhenti. Posisi ini memastikan bahwa pengendara lain dapat melihat segitiga dari jarak yang cukup jauh.

Posisi ini juga memungkinkan pengendara lain untuk mempersiapkan diri dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghindari mobil yang berhenti.

 

  • Jarak Pemasangan

 

Jarak pemasangan segitiga ini dari mobil yang berhenti harus paling sedikit 4 meter. Jarak ini memastikan bahwa pengendara lain memiliki cukup waktu untuk bereaksi dan menghindari mobil yang berhenti.

Selain itu, jarak ini juga memastikan bahwa segitiga tidak mengganggu lalu lintas dan membuat bingung pengendara lain.

 

  • Penempatan Samping

 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya