Tips & Trik

Pentingnya Respons pada Lampu Indikator Suhu Mesin Motor

PUBLISHED DATE : 13 Agustus 2023

Lampu Indikator

Lalu, apa yang harus dilakukan jika lampu indikator suhu mesin menyala? Sebagai panduan, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan.

  • Matikan Mesin

Jika lampu indikator suhu menyala, langkah pertama yang harus dilakukan adalah segera mematikan mesin motor. Dengan mematikan mesin, suhu mesin akan mulai turun atau mendingin.

Biarkan mesin motor berada dalam keadaan mati selama beberapa saat, terutama jika suhu mesin terlalu tinggi. Hal ini penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin.

  • Periksa Kondisi Selang Radiator

Setelah suhunya turun, periksa kondisi selang radiator dengan cermat. Perhatikan apakah terdapat kebocoran pada selang radiator atau pada sambungan dengan komponen lainnya.

Jika Anda menemukan kebocoran, segera perbaiki atau gantilah selang radiator yang rusak. Pastikan semua sambungan selang radiator telah terpasang dengan kencang dan bebas dari kebocoran.

  • Periksa Volume Cairan Pendingin

Baca Juga : Penyebab Oli Mobil Rembes & Cara Mengatasinya

Selanjutnya, periksa juga volume cairan pendingin di dalam tangki. Pastikan bahwa cairan pendingin mencapai level yang cukup sesuai dengan petunjuk yang tertera pada tangki atau buku manual motor.

Jika volume cairan pendingin terlalu rendah, tambahkan coolant sesuai dengan jenis dan merek yang direkomendasikan oleh pabrikan. Penting untuk memperhatikan rasio antara air dan coolant yang sesuai agar sistem pendingin dapat berfungsi dengan baik. 

  • Jika Masih Berlanjut, Bawa Motor ke Bengkel

Apabila lampu indikator suhu masih tetap menyala atau kembali menyala setelah beberapa saat mesin dihidupkan, sebaiknya segera bawa motor ke bengkel resmi untuk diperiksa lebih lanjut oleh mekanik profesional.

Jadi, lampu indikator suhu mesin yang menyala dapat menandakan bahwa mesin sedang mengalami overheating akibat beberapa masalah tertentu. Sehingga, penting untuk merespon dengan cara menerapkan langkah-langkah di atas sebagai solusi untuk mengatasinya. Terutama service rutin kepada ahlinya disini!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya