Tips & Trik

Pentingnya Respons pada Lampu Indikator Suhu Mesin Motor

PUBLISHED DATE : 13 Agustus 2023

Lampu Indikator

Thermostat adalah komponen yang bertugas mengatur aliran cairan pendingin ke dalam mesin berdasarkan suhu mesin. Jika thermostat tidak berfungsi dengan baik, aliran cairan pendingin dapat terganggu.

Hal ini akan menyebabkan suhu mesin meningkat dan lampu indikator suhu mesin menyala. Penyebab tidak berfungsinya komponen thermostat juga dapat beragam, salah satunya yaitu tersumbat sehingga aliran air radiator menjadi tidak normal.

Selain itu, thermostat yang mengalami kerusakan biasanya tidak bisa membuka katup penutupnya secara penuh, atau terjebak dalam posisi terbuka. Jika terjebak dalam posisi terbuka, maka cairan pendingin akan terus mengalir ke dalam mesin.

  • Pompa Air Tidak Berfungsi

Pompa  merupakan komponen yang menggerakkan cairan pendingin dalam sistem pendingin mesin motor. Komponen ini bertugas mengalirkan cairan pendingin dari radiator ke mesin dan kembali lagi ke radiator.

Ketika pompa air tidak berfungsi dengan baik, aliran cairan pendingin akan terhambat, menyebabkan peningkatan suhu mesin dan lampu indikator suhu menyala. Salah satu penyebab hal ini terjadi yaitu kerusakan pada baling-baling pompa.

Baca Juga : Pentingnya Merawat Tombol Starter Kendaraan Anda

Jika baling-baling tersebut patah atau aus, pompa tidak akan dapat memompa cairan pendingin dengan baik. Selain itu, komponen pompa yang aus atau bocor juga dapat mengakibatkan kinerjanya menurun.

  • Sensor Suhu Mesin Bermasalah

Penyebab lampu indikator suhu mesin menyala yang terakhir adalah akibat terdapat masalah atau kerusakan pada komponen sensor suhu itu sendiri. Sensor suhu adalah komponen yang bertanggung jawab mengirimkan informasi suhu ke lampu indikator.

Jika komponen ini rusak, maka dapat menyebabkan lampu indikator menyala walaupun tidak ada masalah dengan temperatur mesin. Biasanya, hal ini bisa disebabkan karena ada kabel yang putus.

Akibatnya, sensor tidak dapat mengirimkan sinyal dengan benar. Selain itu, sensor suhu mesin yang kotor atau terkontaminasi juga dapat menghasilkan pembacaan yang tidak akurat.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Indikator Suhu Menyala?

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Blog 26 (1)

Mengenal Mesin Tempel Kapal

Tak hanya hadir sebagai produsen kendaraan roda 4 dan roda 2 saja, SIS lewat Suzuki Marine juga turut serta menghadirkan penunjang transportasi air terbaik lewat deretan mesin outb...

selengkapnya