Tips & Trik

Panduan Memilih Cairan Radiator: Pentingnya Pendinginan Optimal

PUBLISHED DATE : 11 Juni 2023

Cairan Radiator

Sesuai pembahasan sebelumnya, ada jenis coolant yang dapat menahan suhu tinggi, dan ada yang mampu menahan beku. Karena itu, penting untuk menyesuaikan pilihan cairan coolant mobil Anda sesuai dengan kondisi iklim atau lingkungan sekitar.

Misalnya, jika  Anda berada di daerah dengan suhu rendah, pastikan untuk memilih radiator coolant yang memiliki sifat anti beku yang baik. Sebaliknya, jika berada di daerah bersuhu panas, pilihlah cairan yang titik didihnya lebih tinggi.

 

  • Perhatikan Komposisi dan Kandungan Bahan

 

Komposisi dan kandungan bahan dalam cairan radiator juga perlu diperhatikan. Pastikan bahwa coolant yang Anda pilih sudah mengandung bahan pelindung anti karat dan anti korosi.

Sebab, bahan tersebut dapat membantu melindungi komponen-komponen dalam sistem pendinginan dari kerusakan akibat korosi dan karat. Selain itu, pastikan juga bahwa coolant tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang dapat merusak mobil.

 

  • Pertimbangkan Kualitas dan Reputasi Brand

 

Kualitas dan reputasi dari brand produk coolant tersebut juga perlu dipertimbangkan saat memilih air radiator. Sebaiknya, pilihlah merek yang memiliki reputasi baik dan telah terbukti menghasilkan produk berkualitas.

Baca Juga : Sedikit Yang Tahu, Ini Jenis Polisi Tidur & Regulasinya

Anda bisa membaca ulasan konsumen di internet sebagai referensi. Selain itu, hindari menggunakan radiator coolant yang kualitasnya tidak jelas, karena hal tersebut dapat berdampak negatif pada kinerja sistem pendinginan kendaraan Anda.

 

  • Sesuaikan dengan Budget

 

Terakhir, sesuaikan pilihan Anda dengan budget atau dana yang dimiliki. Biasanya, produk yang baik memang harganya sedikit lebih mahal. Namun, Anda bisa menganggapnya sebagai salah satu bentuk investasi untuk kendaraan.

Selain itu, perlu diperhatikan bahwa harga mahal tidak selalu menjamin kualitas produk. Karena itu, jangan mudah tertipu dengan harga. Pastikan bahwa kualitasnya memang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Setelah memilih radiator coolant yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda, pastikan juga untuk memeriksa tingkat cairannya secara berkala.  Pastikan bahwa tingkat cairan berada pada level yang cukup sesuai batas tanda pada tangki radiator.

Jika cairan radiator sudah berkurang, tambahkan cairan baru hingga mencapai level yang diperlukan. Lalu, ganti cairannya secara teratur sesuai rekomendasi pabrikan mobil Anda. Hal ini penting untuk memastikan sistem pendinginan kendaraan beroperasi dengan baik!

Ingin tips atau panduan-panduan lain terkait otomotif? Anda bisa mendapatkannya dengan klik tautan ini!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya