Tips & Trik

Panduan Hemat Biaya Perawatan Mobil yang Efektif

PUBLISHED DATE : 31 Juli 2023

Perawatan Mobil

Pengguna mobil memang butuh alokasi dana khusus untuk biaya perawatan mobil yang dipakai. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan demi menghemat biaya perawatan mobil tersebut agar tidak terasa memberatkan dan terlalu mahal. 

Sebenarnya besar biaya perawatan untuk mobil Anda sangatlah relatif. Bisa saja Anda mengeluarkan biaya yang sangat besar. Namun di sisi lain, Anda juga bisa menghemat pengeluaran untuk merawat mobil secara efektif. 

Tips Menghemat Biaya Perawatan Mobil

Jika tidak dipersiapkan dan dipertimbangkan sejak dini, maka biaya perawatan untuk mobil kesayangan bisa jadi sangat besar. Demi menghindari hal tersebut, cobalah menerapkan tips-tips di bawah ini:

1. Gunakan Suku Cadang Asli

Tips pertama, Anda sebaiknya selalu memakai suku cadang atau spare part yang asli. Anda pasti tahu bahwa saat ini ada banyak sekali suku cadang palsu yang beredar di pasaran. Parahnya lagi, mereka masih marak digunakan. 

Pengguna mobil yang masih saja memilih suku cadang palsu sebenarnya telah melakukan kesalahan besar. Niat hati ingin berhemat, tapi mereka sebenarnya malah harus mengeluarkan uang yang jauh lebih besar. 

Harga suku cadang palsu yang beredar di pasaran memang biasanya jauh lebih murah daripada produk aslinya. Dari segi kualitas juga jauh lebih rendah daripada suku cadang yang asli. 

Jika lebih memilih mengeluarkan sedikit uang untuk membeli suku cadang palsu, bisa saja Anda harus menghabiskan lebih banyak uang di masa depan. Hal ini terjadi karena suku cadang palsu tidak punya performa yang bagus. 

Logikanya mudah, suku cadang palsu lebih mudah rusak daripada yang asli sehingga Anda harus keluar uang lagi untuk menggantinya. Jadi lebih baik langsung beli suku cadang asli saja. 

Baca Juga : Cari Tahu Mana Mesin Perahu Keluaran Suzuki Marine Yang Tepat Untuk Anda

Anda mungkin harus mengeluarkan lebih banyak uang karena harga suku cadang asli lebih mahal. Tapi daya tahannya juga jauh lebih bagus dan Anda tidak perlu keluar uang berulang kali di waktu yang akan datang. 

2. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Demi menghemat biaya perawatan mobil, cobalah untuk melakukan pemeriksaan secara rutin. Hal ini sangat penting tapi sering dianggap sepele oleh para pengguna mobil. 

Sebagian besar orang yang memiliki mobil menganggap bahwa pemeriksaan rutin tidak perlu dilakukan. Mereka akan memilih pergi ke bengkel atau mekanik saat sudah terjadi kerusakan pada mobil. 

Hal ini disebabkan oleh pemikiran mereka yang tidak ingin keluar uang untuk pemeriksaan rutin. Padahal dengan adanya pemeriksaan secara rutin Anda justru bisa menghemat lebih banyak uang. 

Jika ada kerusakan yang terjadi pada mobil, Anda bisa langsung mengetahuinya. Langkah perbaikan juga bisa langsung diambil dan tidak akan memakan biaya yang besar dibanding saat kerusakan sudah meluas. 

Perlu diketahui bahwa kerusakan pada mobil pasti akan dimulai dari kerusakan kecil. Kerusakan tersebut akan terus meluas jika diabaikan begitu saja dan membuat kondisi semakin parah. 

Apa yang terjadi jika kerusakan sudah begitu banyak dan berkembang parah? Tentu saja biaya perbaikannya jadi jauh lebih mahal dan prosesnya juga bisa jadi lebih lama. 

pemeriksaan rutin

Sumber:Pexels

3. Pilih Bengkel Resmi

Jika Anda ingin menghemat biaya perawatan mobil, maka pastikan mobil Anda dipegang oleh tangan yang profesional dan terpercaya. Lebih disarankan untuk memilih bengkel resmi dalam hal ini. 

Anda mungkin punya banyak pilihan bengkel yang bisa merawat mobil sesuai kebutuhan. Namun pilihan terbaik tetap jatuh pada bengkel resmi. Mereka pasti sudah paham betul tentang mobil Anda dan kerusakan apa yang terjadi. 

Selain itu bengkel resmi juga akan selalu memakai suku cadang yang asli. Dilihat dari segi biaya, mungkin Anda akan mengeluarkan biaya yang besar namun kualitas perawatannya juga sangat baik. 

Apabila Anda merawat mobil di bengkel yang kurang kredibel, bisa jadi biayanya terjangkau. Tapi mutu yang diberikan belum tentu baik dan bisa saja Anda harus melakukan perawatan berulang dengan total biaya lebih mahal. 

Sama halnya seperti pemilihan suku cadang asli dan palsu tadi. Banyak orang lebih memilih hemat di awal tapi tidak memikirkan akibat jangka panjangnya yang bisa jadi memakan biaya lebih besar. 

Lagipula perawatan di bengkel resmi akan jauh lebih mudah dan aman. Mobil akan mendapatkan perawatan yang tepat karena pihak bengkel benar-benar paham tipe mobil tersebut dan paham rekomendasi langsung dari pabrik. 

4. Miliki Asuransi Kendaraan

Tentu Anda juga bisa mengandalkan asuransi jika ingin menghemat biaya perawatan mobil. Hanya saja dalam hal ini Anda harus benar-benar teliti memilih produk asuransi kendaraan yang tepat. 

Pastikan untuk memilih produk asuransi yang terpercaya dan menawarkan banyak keuntungan kepada Anda. Hitung baik-baik seperti apa keuntungannya apakah seimbang dengan nilai premi yang perlu dibayarkan. 

Asuransi juga akan sangat berguna bagi Anda untuk jangka panjang. Apalagi jika tipe mobil yang Anda pakai memiliki nilai cukup tinggi. Jauh lebih baik berjaga-jaga dengan memiliki asuransi kendaraan. 

Anda sebaiknya memilih produk asuransi yang bisa memberikan kemudahan dalam perawatan mobil secara lengkap. Selain itu, pastikan juga cara klaimnya tidak rumit sehingga tidak mempersulit Anda di masa depan. 

5. Jangan Menunda Perawatan

Usahakan untuk tidak menunda perawatan mobil. Semakin Anda menundanya maka akan semakin besar biaya yang nanti harus dikeluarkan. Anda bisa jadi lebih hemat jika melakukan perawatan secepatnya. 

Baca Juga : Cara Mengatasi Motor Mogok Karena Lama Tidak Dipakai

Itulah mengapa pemeriksaan rutin sangatlah penting untuk dilakukan. Jika ada pemeriksaan rutin maka Anda tahu bentuk perawatan apa yang dibutuhkan oleh mobil Anda. 

Anda juga bisa langsung mengambil langkah cepat sehingga kerusakan mobil belum meluas. Ini akan menjadi cara yang sangat efektif untuk menghemat biaya perawatan mobil Anda dalam jangka waktu panjang. 

Kesalahan yang Membuat Biaya Perawatan Membengkak

Banyak orang yang merasa bahwa biaya perawatan mobil mereka begitu besar. Sebenarnya pembengkakan biaya dalam merawat mobil ini sangat wajar terjadi apalagi jika Anda melakukan banyak kesalahan. 

Kesalahan pertama, Anda tidak terbiasa melakukan pemeriksaan rutin di bengkel yang terpercaya. Anda merasa bahwa pemeriksaan rutin secara mandiri sudah cukup untuk memastikan mobil dalam kondisi bagus. 

Kesalahan berikutnya yang sangat sering dilakukan oleh pengguna mobil adalah selalu ingin berhemat. Mereka memilih mengeluarkan uang lebih sedikit dengan membeli suku cadang palsu dan pergi ke bengkel yang kurang terpercaya. 

Orang-orang semacam ini sebenarnya ingin menghemat biaya perawatan mobil tapi dengan cara yang salah. Justru pengeluaran bisa jadi lebih besar karena kebiasaan buruk yang mereka lakukan. 

Hal-hal seperti ini mungkin sepele padahal bisa membuat kerusakan mobil Anda bertambah parah. Perawatan mobil jadi kurang optimal dan malah ada banyak komponen yang rusak. 

Kalau sudah begini maka Anda harus mengeluarkan uang lebih banyak agar bisa mendapatkan performa mobil yang kembali bagus seperti semula. Bahkan biayanya bisa sangat besar dan memberatkan Anda untuk jangka waktu panjang. 

Jika Anda memang ingin menghemat biaya perawatan mobil, perhatikan baik-baik semua tips yang sudah disebutkan tadi. Lakukan pemeriksaan rutin dan rawat mobil Anda di waktu yang tepat sebelum terlambat!

Demikian pembahasan seputar panduan hemat biaya perawatan mobil yang efektif. Jika merasa performance mobik kurang oke klik di sini untuk booking service!

Berita Lainnya

Image009

Aman & Nyaman Berkendara

1. BAHAYA BANJIR Fenomena banjir, terutama saat musim penghujan memang masih kerap terjadi di beberapa jalanan kota di Indonesia. Hal ini tentunya tidak bisa kita hindari namun pe...

selengkapnya