Tips & Trik

Naikkan Ukuran Ban Motor? Kenali Dulu Risikonya!

PUBLISHED DATE : 26 Februari 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/ban.png

Modifikasi sepeda motor banyak di lakukan untuk menunjang penampilan dan juga estetika, selain modifikasi body dan aksesoris ada juga yang mengganti ban yang lumrah dilakukan karea selain harganya yang lebih murah dibandingkan modifikasi di bidang yang lain penggantian ban juga tidak perlu mengubah macam-macam hanya ada dua yaitu menaikan ukurannya dari ukuran yang normal atau mengecilkannya dari ukuran yang normal. Apa saja resikonya jika mengganti ban yang berbeda dari ukuran normalnya?

Saat memodifikasi ban motor dengan profil yang lebih kecil kemungkinan ban akan lebih jadi licin serta grip ke jalan raya jadi tidak terlalu mencengkram, sehingga bisa menimbukan bahaya untuk diri sendiri juga pengendara lainnya. Memakai ban yang lebih kecil  juga bisa menghambat karena harus mengatur kecepatan tidak boleh terlalu kencang karena bisa menjadi tidak stabil juga. Memang untuk hrga cukup ekonomis namun jika di bandingkan dengan keselamatannya sangat tidak worth it.

Sedangkan mengganti ban motor menjadi lebih besar, kemungkinan anda juga harus mengganti swing arm, velg dan rantai. Dengan hal tersebut kemungkinan akan memakan biaya yang cukup mahal dibandingkan mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil, namun jika hanya naik sekitar satu atau dua tingkat lebih besar dari ukuran normalnya kemungkinan tidak perlu mengganti komponen yang tadi disebutkan. Resiko yang paling utama ketika mengganti ban yang lebih besar adalah motor jadi lebih berat ketika bermanuver karena bannnya lebih berat dari yang normal serta dapat meningkatkan resiko kurang awetnya sparepart seperti rantai dan gear ketika mengganti ban yang lebih besar.

Baca Juga : Jangan Lupa, Standar Motor Juga Butuh Perawatan

Itulah resiko mengganti ukuran ban motor, semoga dapat membantu mempertimbangkan sebelum memodifikasikan motor anda.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya