Tips & Trik

Mobil Bergetar Saat RPM Rendah? Ternyata Ini Penyebabnya

PUBLISHED DATE : 16 Januari 2022

7  Scroos (1)

Kapan terakhir kali Anda mengganti ban mobil? Ternyata ban mobil yang tidak rata, misalnya bergelombang bisa menyebabkan masalah cukup serius. Bahkan ketika Anda merasa baik-baik saja ketika mengendarainya.

Padahal, jika dibiarkan, kondisi ban tersebut bisa membuat mobil bergetar di RPM tinggi maupun rendah. Getaran yang dirasakan mungkin akan berbeda ketika Anda mengubah kecepatan mobil. 

Oleh karena itu, silahkan cek mobil Anda apakah terdapat gelombang, cekungan, benjolan, atau sudah aus. Tidak hanya itu, sebaiknya periksa pula keadaan velg karena bisa jadi sudah tidak balance. 

Jangan salah, hal ini juga bisa menjadi penyebab mobil bergetar. Oleh karena itu, disarankan untuk melakukan spooring balance rutin per 20.000 KM.

  • Batang Piston Bengkok 

Mungkin penyebab yang satu ini tidak terlalu umum terjadi. Terlebih untuk penggunaan mobil secara wajar. Namun, batang piston bengkok tetap berpotensi terjadi. 

Pada dasarnya, komponen ini berfungsi untuk menghubungkan poros engkol dan piston. Ukuran piston akan mempengaruhi volumetrik silinder mesin mobil.

Baca Juga : Waspada, Ini Penyebab Mesin Mobil Bunyi Klotok Klotok

Jika salah satu piston bengkok, maka volume silinder pun akan membesar. Hal ini akan mempengaruhi proses pembakaran menjadi tidak seimbang. Tak heran jika Anda akan mendapati mobil bergetar meskipun pada RPM rendah. 

Pada dasarnya, kendala piston membengkok biasanya terjadi karena insiden tertentu. Misalnya sebuah mobil yang menerjang banjir sehingga intake manifold kemasukan air.

Hal ini bisa membuat efek water hammer karena sifat air yang tidak bisa dikompresi. Hingga akhirnya membuat batang piston bengkok pada suatu mesin mobil. 

Tips Mengatasi Mobil Bergetar di RPM Rendah

Penyebab mobil bergetar saat RPM rendah memang beraneka ragam. Apabila salah satunya dialami mobil Anda, pemeriksaan sedini mungkin sangat penting dilakukan. 

Sebagai upaya yang tepat, disarankan untuk membawa kendaraan mobil ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Mobil Anda akan ditangani tenaga ahli di bidangnya sehingga bisa mengatasi mobil yang bergetar tidak wajar. 

Memilih bengkel resmi memang penting dilakukan. Mengingat hal ini akan mempengaruhi kualitas service dan spare part apabila perlu diganti. Sedangkan untuk informasi lengkap seputar bengkel Suzuki, Anda bisa cek di berbagai situs berikut.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya